62 Petugas Lapas Tuban Dirapid Test


40
Pelaksanaan rapid test di Lapas Tuban.

Reporter : Royvi Novriansyah

TUBAN, SUARADATA.com-Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tuban melakukan rapid test kepada 62 orang pegawai yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban melalui Puskesmas Kebonsari Kabupaten Tuban, Kamis (10/9/2020).

Kepala Lembaga Permasyarakatan Kelas IIB Tuban, Siswarno menjelaskan, petugas lapas termasuk orang yang sangat berisiko tinggi terpapar covid-19, sehingga rapid test tersebut harus dilakukan.

“Kami ingin Lapas Tuban terhidar dari cluster baru penyebaran virus,” kata Siswarno.

Pria kelahiran Tuban ini menambahkan, Lapas baru pertama kali menggelar pelaksanaan rapid test tersebut dan hasilnya non reaktif. Namun demikian, seluruh pegawai dan penghuni lapas harus tetap melaksanakan program protokol kesehatan.

“Kita undang semua petugas baik yang dinas maupun yang sedang libur dinas, untuk melaksanakan rapid test, sekaligus kita mensosialisasikan pentingnya menjaga protokol kesehatan,” tambahnya.

Selain itu Kalapas juga menghimbau, kepada seluruh pegawai lapas dan warga binaan agar rutin berolah raga dan berjemur untuk menjaga imunitas tubuh serta mewajibkan untuk selalu mentaati protokol kesehatan.

“Mereka kami wajibkan untuk berjemur, olahraga dan juga mengkonsumsi vitamin setiap hari untuk menjaga imunitas,” imbuhnya.

Seperti diketahui bersama, selama masa pandemi Covid- 19, lapas Tuban sementara tidak menerima kunjungan secara langsung, dan diganti dengan media video call, menggunakan ruangan khusus bagi keluarga yang ingin berkomunikasi dengan keluarganya yang tengah menjalani proses pembinaan.

Pria humanis ini juga menjelaskan, Lapas Tuban sementara tidak menerima tahanan baru kecuali yang sudah berstatus AIII atau sudah inkrah dan disertai dengan surat keterangan Rapid Test yang menunjukkan hasil Non Reaktif. Selanjutnya, tahanan tersebut akan diisolasi pada kamar blok khusus selama 14 hari sesuai dengan protokol kesehatan.

“Sampai ada perintah dari pusat untuk memberhentikan langkah pencegahan penyebaran Virus Corona, kondisi seperti ini akan terus kami lakukan,” tuntasnya.(Roy/And/Red)


Like it? Share with your friends!

40

What's Your Reaction?

hate hate
600
hate
confused confused
200
confused
fail fail
900
fail
fun fun
800
fun
geeky geeky
700
geeky
love love
400
love
lol lol
500
lol
omg omg
200
omg
win win
900
win
Suara Data Network
assalamualaikum

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *