Antisipasi Kerawanan Pilkades di Tuban, Ribuan Personel Diterjunkan


72
Apel Gelar Pergeseran pasukan pengamanan Pilkades.

TUBAN, SUARADATA.com-Sebanyak 1.400 personel gabungan dikerahkan guna pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Tuban yang akan dilaksanakan, Kamis 27 Oktober 2022 di 47 desa yang tersebar di 17 kecamatan.

Hal itu sebagai bentuk kesiapan dalam pengamanan kegiatan tersebut usai apel pergeseran pasukan (Serpas) Polres Tuban menggelar Simulasi pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS), Rabu (26/10/2022).

Kapolres Tuban AKBP Rahman Wijaya, mengatakan, simulasi pengamanan TPS tersebut bertujuan untuk mengantisipasi segala bentuk kerawanan. Terutama, bersifat kontijensi yang mungkin terjadi dalam pelaksanaan tahapan Pilkades. Baik saat pemungutan maupun penghitungan suara.

“Apabila di lapangan ditemukan permasalahan kendala Kamtibmas, anggota sudah paham apa yang harus dilakukan untuk mengendalikan situasi menjadi kondusif,” ucapnya.

Dalam hal ini pihaknya meminta kepada masyarakat dan semua instansi untuk menciptakan situasi yang aman serta kondusif dalam Pilkades ini.

“Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan di lapangan, kami menerjunkan sebanyak 1.400 personil gabungan dari Polres, Kodim 0811 Tuban dan linmas. Selain itu dalam pelaksanaan pengamanan juga mendapat backup dari satuan Brimob dari Polda Jatim serta Polres terdekat yang sewaktu-waktu siap untuk dibutuhkan,” bebernya.

Sementara itu, Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky menyampaikan, dari 47 desa di Kabupaten Tuban yang melaksanakan pemilihan kepala desa tahun 2022, ada tiga desa yang teridentifikasi rawan terjadinya konflik. Ketiga desa itu berada di Kecamatan Plumpang, Jenu dan Kecamatan Merakurak

“Berdasarkan dari hasil identifikasi selama ini ada tiga desa yang teridentifikasi rawan terjadinya konflik. Ketiga desa itu berada di Kecamatan Plumpang, Jenu dan Merakurak,” tuturnya.

Menurutnya, kerawanan-kerawanan tersebut sudah diidentifikasi dari TNI, Polri pemerintah beserta seluruh jajarannya. Oleh karena itu, Pemkab berharap pelaksanaan Pilkades ini berjalan dengan lancar berjalan dengan baik tidak ada gangguan

“Harapan kita semua, pelaksanaan Pilkades ini berjalan dengan lancar berjalan dengan baik tidak ada gangguan,” pungkasnya.(Sal/And/Red)


Like it? Share with your friends!

72
Suara Data Network
assalamualaikum

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *