Jaga Perairan Wilayah Tuban, Polres Akan Dirikan Satpolair


63
Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono bersama rombongan saat meninjau lokasi.

Reporter: Nursalam

TUBAN,SUARADATA.com-Guna menjaga perairan di wilayah Kabupaten Tuban. Polres Tuban akan membentuk Satuan Polisi Perairan (Satpolair) yang rencananya akan di bangun disekitar pantai Desa Margosuko, Kecamatan Bancar.

Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono mengatakan, Tuban memiliki wilayah perairan di pantai utara. Pantai Utara Tuban memiliki panjang sekitar 65 Kilometer. Namun hingga saat ini, Polres Tuban belum memiliki satuan yang mengamankan wilayah laut di sebelah Utara tersebut.

“Polres Tuban sudah sejak 2017 mengajukan Pembangunan Satpolairud. Kami juga sudah memperoleh Hibah tanah dan sudah bersertifikat sejak tahun 2011 seluas 6.710 m² di kecamatan Bancar tidak jauh dari bibir pantai,”jelasnya, Kamis (22/10/2020).

Lebih lanjut ia menjelaskan, pertimbangan yang mendasar dibentuknya Satpolairud di wilayah hukum dengan luasan wilayah laut kurang lebih 22.608 m² itu di sepanjang pantai tersebut ada pelabuhan-pelabuhan yang strategis. Diantaranya, Pelabuhan TPPI, Semen Indonesia, Holcim, PLTU Tanjung Awar-awar dan saat ini ada pembangunan mega proyek kilang minyak pertamina Rosneft.

“Adanya obyek vital negara dan Mega proyek strategis Nasional pembangunan kilang minyak Pertamina Rosneft yang saat ini sedang berjalan, menjadi pertimbangan pula perlunya dibentuk satuan Polair untuk mengamankan perairan di Wilayah hukum Polres Tuban,” tutur Kapolres kelahiran Ngawi ini.

Sementara itu, Kabagstrajemen Rorena Polda Jatim AKBP Moh. Bashori, menyampaikan hasil koordinasi dengan Kapolda Jatim. Saat ini Polres yang memiliki wilayah pesisir yang belum memiliki diSatpolairud agar melakukan pengusulan.

“Alhamdulillah kemarin dari Polres Tuban sudah mengusulkan dan saat ini kita sedang melakukan studi kelayakan apakah itu di setujui atau tidak,”ungkapnya.

Dalam pembangunan Satpolairud ini harus memiliki beberapa syarat,
yang pertama adalah kesiapan dari Polres yang kedua adalah partisipasi dan dukungan dari Instansi lain, kemudian masyarakat menyatakan saat ini kami benar-benar perlu kehadiran Kepolisian khususnya Sat Polair.

“ini adalah yang hal sangat penting sehingga kita bisa meyakinkan bahwasanya memang Sat Polair yang ada di Tuban ini memang penting untuk di bentuk Satuannya,”terangnya.

Ditempat yang sama Kasi Sarpras Dinas Perikanan Kabupaten Tuban, Warsito berharap dengan dibentuknya Sat Polair ini bisa menuntaskan semua masalah yang selama ini menjadi kendala.

“pembentukan Sat Polair di Kabupaten Tuban ini sangat di butuhkan sekali, sehingga bisa memudahkan kami dalam berkordinasi,”pungkasnya.(Sal/And/Red)


Like it? Share with your friends!

63

What's Your Reaction?

hate hate
600
hate
confused confused
200
confused
fail fail
900
fail
fun fun
800
fun
geeky geeky
700
geeky
love love
400
love
lol lol
500
lol
omg omg
200
omg
win win
900
win
Suara Data Network
assalamualaikum

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *