Kemenag Tuban: Penggunaan Anggaran Harus Transparan dan Akuntabel


70

Reporter: Nursalam

TUBAN, SUARADATA.com-Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban menggelar Rapat Sinergitas Program Kerja Tahun Anggaran 2021 di gedung PLHUT, Rabu (20/1/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kantor Kemenag Tuban Sahid menyampaikan, dalam hal penggunaan anggaran harus dengan hati-hati, transparan dan akuntabel dan tidak boleh ada kebocoran anggaran.

“Kuasa pengguna anggaran adalah kepala kantor. Pengunaan harus hati-hati. Bapak Kakanwil Kemenag Jatim pernah menyampaikan ekonomi pemerintah dan swasta kolap karena kondisi saat ini,” ungkapnya.

Ia menambahkan, tata kelola pemerintah yang menjurus ke kewajiban adalah dipa. Untuk akhir tahun biasanya terjadi penumpukan anggaran. Karena itu, semua harus direncanakan dengan baik.

“Adanya undang-undang pesantren maka anggaran kementrian yang lewat APBN sekitar Rp 6 Trilyun,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut pria asli kota Pudak ini menghimbau, kepada seluruh yang hadir untuk membantu yang sedang tertimpa musibah. Selain pandemi Covid-19 diawal tahun ini banyak musibah, ada gempa di Sulawesi Selatan, banjir di Kalimantan Selatan, longsor di Sumedang, banjir dan longsor di Manado.

“Mari kita sisihkan sebagian rezeki kita untuk sedikit meringankan beban saudara kita yang sedang tertimpa musibah,” imbuhnya.

Sementara itu, Perencana Kemenag Tuban Arifin memaparkan, program secara umum tentang penyelesaian pagu minus dan seringnya revisi kegiatan dilaksanakan pada saat akan melaksanakan kegiatan. Sedang revisi relokasi anggaran diberikan pada akhir tahun anggaran.

“Selanjutnya disambung pemaparan program kerja tiap seksi,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kankemenag juga menyampaikan selamat kepada Kanwil Kemenag Jawa Timur Sebagai Satker Terbaik Pemrakarsa Proyek SBSN Tahun 2020.

Untuk Kemenag Tuban SBSN tahun 2019 mendapatkan gedung PLHUT dan MAN 1, tahun 2020 mendapatkan gedung KUA Tuban dan Soko, tahun 2021 mendapatkan gedung MTsN 2, MTsN 3 dan MAN 2, dan bantuan rehab untuk KUA Montong dan Jatirogo.(Sal/Mau/Red)


Like it? Share with your friends!

70

What's Your Reaction?

hate hate
600
hate
confused confused
200
confused
fail fail
900
fail
fun fun
800
fun
geeky geeky
700
geeky
love love
400
love
lol lol
500
lol
omg omg
200
omg
win win
900
win
Suara Data Network
assalamualaikum

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *