Prakom OPD di Kota Malang Ditingkatkan Kapasitas Keahliannya


65
Kepala Diskominfo Kota Malang, M Nurwidianto saat memberikan sambutan pembukaan acara peningkatan Sumber Daya Keamanan Informasi milik Pemkot setempat. Foto : Afd

MALANG, SUARADATA.com-Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Malang menyelenggarakan pembekalan kepada 60 petugas pranata komputer (Prakom) yang ada di segenap OPD dan Kecamatan maupun Kelurahan. Acara tersebut digelar di Hotel Ijen Suite Nirwana Malang, Senin (15/3/2021).

Wali Kota Malang, Sutiaji dalam membuka kegiatan pembekalan tersebut menyampaikan, pemegang kendali IT milik Pemkot Malang yang tersebar di segenap OPD. Ditekankan bisa mengantisipasi dan menyelesaikan permasalahan ketika terjadi hacker atau kebocoran informasi penting keluar ke publik

“Amanah yang diberikan hendaknya dipegang teguh, sehingga amanat yang diberikan menjadi sebuah janji untuk ditunaikan secara baik dan benar,” ucap Sutiaji.

Kapasitas operator IT patut mendapatkan peningkatan secara SDM. “Jagalah segala informasi yang anda miliki sekuat mungkin, terkecuali informasi tersebut dibutuhkan untuk kepentingan di peradilan hukum,” tandasnya.

Kepala Diskominfo Kota Malang, M Nurwidianto menambahkan, pelaksanaan pembekalan kepada Prakom bertujuan meningkatkan skill atau keterampilannya. Hal itu dalam rangka menangkal dan mengantisipasi maupun mengamankan segala informasi di lingkungan Pemkot Malang dari Hacker atau kebocorannya.

“Kemampuan mereka (Prakom), manakala menjaga IT ditekankan menjadi tombak utama dalam pengamanan senantiasa tersimpan dengan baik,” tambah Wiwid sapaan Kadis Kominfo.

Untuk itu, keterampilan Prakom harus terus diasah dan ditingkatkan setiap saat. Kemajuan atau kecanggihan IT kian hari kian modern. Seorang Prakom mesti up to date, cara melakukan pengamanan, penyimpanan serta pendistribusiannya.

“Jangan sampai seorang Prakom mengalami kebobolan atau kebocoran data rahasia negara oleh seorang hacker. sumber daya keamanan informasi menjadi hal penting bagi Prakom dalam meningkatkan kapasitasnya,” pungkasnya. (Afd/And/Red)


Like it? Share with your friends!

65
Suara Data Network
assalamualaikum

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *