Saling Berbagi Ditengah Pandemi Covid-19


46

Reporter : Royvi Novriansyah

TUBAN, SUARADATA.com-Mengawali tahun 2021, Relawan Sahabat Berbagi bekerja sama dengan pengelola Pantai Cemara Sugihwaras Kabupaten Tuban memberikan santunan kepada 115 orang anak yatim di pinggir pantai yang terletak di Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban ini, Sabtu (2/1/2021).

Kegiatan yang mengusung tema “Meraih Ridho Allah, Menyemai Kasih Sayang Terhadap Anak Yatim Piatu” ini menerapkan protokol kesehatan yang keta. Panitia melakukan pembagian santunan tersebut dengan membatasi 10 orang anak secara bergantian. Hal tersebut demi menghindari kerumunan agar jarak tiap anak tidak saling berdekatan. Sehingga, dapat mengurangi resiko penyebaran virus Covid-19.

Ketua Sahabat Berbagi Kabupaten Tuban, Didik Aris mengatakan, selain diberikan santunan berupa uang tunai sebesar 100.000 rupiah, anak-anak tersebut juga di berikan bingkisan berupa sembako. Hal ini membuat mereka terlihat ceria dan berbahagia menyambut tahun baru 2021 dengan menikmati keindahan pantai serta pembacaan lantunan ayat-ayat suci al-qur’an.

Disisi lqin, kegiatan santunan ini memang menjadi program komunitas sahabat berbagi setiap 6 bulan sekali yang menyasar anak yatim dan dhuafa.

“Untuk program hari ini ada 115 anak yang mendapatkan santunan berupa uang tunai, handuk dan selimut,” kata Didik sapaan akrabnya.

Selain program santunan, komunitas berbagi Tuban juga memiliki kegiatan bakti sosial yang berjalan sekali setiap minggunya. Program itu disebut jumat berkah seminggu sekali dengan membagikan nasi kotak ke masyarakat dengan cara door to door dalam bentuk paket Sembako.

“Door to door ini kita lakukan agar sesuai Prokes pencegahan Covid-19,” sambungnya.

Sedangkan, selama kegiatan, sumber dana didapat dari iuran anggota komunitas berbagai Tuban dan juga donatur lainnya. Diharapkan, kegiatan ini bisa berguna dan bermanfaat untuk semua.

“Intinya setiap kegiatan itu bisa membawa manfaat,” timpalnya.

Sementara itu, Ketua Pengelola Pantai Cemara Sugihwaras, Ahmad Arief menjelaskan, kegiatan ini merupakan hasil dari menyisihkan sedikit rejeki guna menyantuni anak yatim piatu yang ada di wilayah Kabupaten Tuban

“Pada kegiatan ini kita mengundang 40 anak yatim piatu yang berada di Desa Sugihwaras, dan lainnya berasal dari Desa lain di Kabupaten Tuban yang dikoordinir oleh komunitas Sahabat Berbagi,” bebernya.

Selanjutnya Arief menambahkan, kegiatan ini sengaja digelar untuk mengajak serta menggugah kepedulian masyarakat terhadap anak-anak yatim, yatim piatu dan dhuafa yang kondisinya kurang mampu.

“Semoga dengan adanya acara santunan anak-anak yatim seperti ini dapat memotivasi kita bersama, mengetuk hati kita untuk berbagi dan menyayangi anak-anak yatim dan kurang mampu,” paparnya.

Disisi lain, semakin sulitnya ekonomi dimasa pandemi Covid-19 tentunya mereka sangat membutuhkan uluran tangan kita untuk menyisihkan sebagian rizqi kita untuk mereka.

“Semoga pandemi ini segera berakhir, sehingga ekonomi bisa kembali normal, untuk itu marilah kita selalu mematuhi protokol kesehatan agar virus Covid-19 ini bisa segera hilang,” pungkasnya.(Roy/And/Red)


Like it? Share with your friends!

46

What's Your Reaction?

hate hate
800
hate
confused confused
400
confused
fail fail
100
fail
fun fun
1000
fun
geeky geeky
900
geeky
love love
600
love
lol lol
700
lol
omg omg
400
omg
win win
100
win
Suara Data Network
assalamualaikum

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *