Selangkah Lagi Lapas Tuban Raih Predikat WBK


50

Reporter: Royvi Novriansyah

TUBAN, SUARADATA.com-Setelah Lapas Kelas IIB Tuban menandatangi Berita Acara Evaluasi Hasil Satuan Kerja Berpredikat Menuju WBK tahun 2020 dari Inspektorat Jenderal Kemenkumham, maka tinggal selangkah lagi bagi Lapas Tuban untuk meraih predikat Zona Integritas (ZI), Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM), Senin (6/7/2020).

Hal tersebut didasari setelah Lapas Tuban mendapatkan Nilai Hasil Evaluasi 81,33. Sehingga, masuk dalam rekomendasi satuan kerja berpredikat WBK dan dapat diusulkan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi melalui Menteri Hukum dan HAM RI.

Diketahui, Zona Integritas (ZI) merupakan sebutan atau predikat yang diberikan kepada kementerian. Terutama pada lembaga dan pemerintah daerah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK dan WBBM. Hl itu melalui upaya pencegahan korupsi, reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Wilayah Bebas Korupsi (WBK) adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan. Laku penataan tata laksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, dan penguatan akuntabilitas kinerja.

Sedangkan, Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan. Selanjutnya, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, dan penguatan kualitas pelayanan publik.

Kalapas Tuban Siswarno menyampaikan, jajarannya akan segera mengadakan rapat dinas terkait lolosnya Lapas Tuban dari Tim Penilai Internal. Sekaligus berkoordinasi untuk meningkatkan pelayanan dan memastikan bebas dari pungulan liar (pungli).

“Kita sudah sampaikan ke jajaran bahwa dipastikan Lapas Tuban bebas dari Pungli, disamping itu kesiapan pelayanan akan di tambah, serta akan melaksanakan rapat dinas untuk memantabkan persiapan penilaian dari Tim Penilai Nasional,” ujarnya.

Putra ronggolawe tersebut menuturkan tahap selanjutnya Lapas Tuban akan mengikuti persiapan penilaian dari Tim Penilai Nasional (TPN). Yakni, Menpan, BPS dan Ombusmand secara virtual.

“Sedang dijadwalkan oleh Kanwil Kemenkumham Jatim, Lapas Tuban mengikuti persiapan penilaian secara virtual oleh TPN,” pungkasnya.(Roy/And/Red) 


Like it? Share with your friends!

50

What's Your Reaction?

hate hate
700
hate
confused confused
300
confused
fail fail
1000
fail
fun fun
900
fun
geeky geeky
800
geeky
love love
500
love
lol lol
600
lol
omg omg
300
omg
win win
1000
win
Suara Data Network
assalamualaikum

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *