Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Sekitar, PT Semen Indonesia Pabrik Tuban Serahkan Program CSR


101

Reporter: Nursalam

TUBAN,SUARADATA.com-PT Semen Indonesia Group (SIG) Pabrik Tuban terus berupaya membantu pemerintah dalam pemulihan ekonomi dan mendorong kegiatan pemberdayaan masyarakat di desa-desa sekitar operasional perusahaan.

Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk membangkitkan perekonomian masyarakat di tengah Pandemi Covid-19. Komitmen perusahaan plat merah itu diwujudkan melalui pemberdayaan masyarakat dari program Corporate Social Responsibility (CSR) di tahun 2020 yang telah selesai.

“Tujuannya pemberdayaan masyarakat ini agar membantu pemerintah dalam rangka recovery (pemulihan) ekonomi masyarakat dan  meringankan beban akibat dampak Covid-19,” kata Community Development Officer SIG Pabrik Tuban, Siswanto saat meninjau lokasi pemberdayaan di desa setempat, Selasa (19/1/2021).

Lebih lanjut ia menjelaskan, Program CSR 2020 yang diserahterimakan pada masyarakat 26 desa dan 3 Kecamatan. Salah satu penerima manfaat dari program itu adalah masyarakat di Desa Sembungrejo, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban.

“Penyerahan pelaksanaan, program CSR di tahun 2020 yang telah selain dijalankan atau sudah selesai. Salah satunya di Desa Sembungrejo,” tambahnya.

Dalam proporsi program CSR tersebut terdiri dari program bertema pemberdayaan masyarakat sebesar 80 persen. Tema peningkatan infrastruktur pendidikan dan RTLH sebesar 11 persen dan berikutnya pada tema peningkatan kapasitas sebesar 6 persen dan 4 persen pada tema varitatif.

Pihaknya berharap Organisasi Masyarakat Setempat (OMS) atau penerima manfaat benar-benar bisa mengemban amanah yang telah diterimanya. Kemudian, perangkat desa dan pendamping program untuk bisa memonitor program tersebut agar bisa berkelanjutan serta program pemberdayaan masyarakat benar-benar berhasil.

“Keberhasilan itu bisa dicapai dengan monitoring bersamaan- sama, memberikan pengarahan bersama-sama. Sehingga program pemberdayaan masyarakat benar-benar berhasil,” harapnya.

Sementara itu, Ketua FMK Sembungrejo Jumadil kubro mengatakan, Pada tahun 2020, Desa Sembungrejo ini mendapatkan 6 program yang dibiayai dari CSR Semen Indonesia (Persero) Tbk Pabrik Tuban yang diberikan melalui Forum Masyarakat Kokoh (FMK) desa setempat.

Keenam program itu meliputi pemberdayaan masyarakat yang terdiri dari pemberdayaan usaha ayam petelur, hidroponik, ternak kambing, pelatihan menjahit, pelatihan pembuatan kue atau catering dan mesin pertanian.

“Dengan adanya bantuan ini semoga masyarakat Sembungrejo ini perekonomian lebih maju,” ucapnya.

Ditempat terpisah, penerimaan manfaat dari program CSR PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Pabrik Tuban, Pulamin Ketua OMS KUB Berkah Makmur, mengaku bersyukur dengan bantuan dari Semen Indonesia tersebut. Sebab, bantuan yang diwujudkan beberapa program itu membantu masyarakat di tengah Pandemi Covid-19 ini. Berharap kedepannya pemberdayaan bisa ditingkatkan serta maju.

“Alhamdulillah sangat terbantu, dengan adanya bantuan ini. Sehingga pemuda di desa Sembungrejo dapat penghasilan,” pungkas OMS yang menerima bantuan branding kambing etawa ini.(Sal/Mau/Red)


Like it? Share with your friends!

101

What's Your Reaction?

hate hate
1000
hate
confused confused
600
confused
fail fail
300
fail
fun fun
200
fun
geeky geeky
100
geeky
love love
800
love
lol lol
901
lol
omg omg
600
omg
win win
300
win
Suara Data Network
assalamualaikum

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *