Usai Pilkada 2020, Badan Adhoc KPU Dirapid Test


52
Badan Adhoc KPU Tuban saat melakukan Rapid Test

Reporter: Nursalam

TUBAN, SUARADATA.com-Guna memastikan kesehatan seluruh anggota badan adhoc pemilihan Bupati dan wakil Bupati Tuban tahun 2020 pasca pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi suara 16 Desember 2020.

Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten Tuban melakukan Rapid test kepada seluruh anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Hal tersebut sebagai upaya penanganan penyebaran covid-19 pasca Pilkada, Senin (4/1/2021).

“Rapidtes ini salah satu upaya KPU dalam penanganan penyebaran covid-19, dan memastikan badan adhoc benar- benar sehat,” kata Komisioner KPU Kabupaten Tuban Divisi Sosdiklih, SDM, dan Parmas, Zakiyatul Munawaroh.

Lebih lanjut Zakiya menambahkan,
Rapid tes dilaksanakan selama dua tahap. Mulai hari ini hingga selasa besok. Jika hasil rapid tes ditemukan anggota PPK yang hasilnya reaktif, maka pihaknya menyarankan untuk melakukan isolasi mandiri.

“Tujuh hari setelah rapid akan dilakukan pemeriksaan ulang oleh dinas kesehatan setempat,” imbuh Zakiyah.

Selain itu, untuk PPK yang hasilnya reaktif akan dipantau oleh pihak puskesmas setempat hingga sejauh mana kesehatan mereka. Jika menunjukkan gejala yang diluar nantinya akan dilakukan pencegahan sebelum dinyatakan positif Covid-19.

“Tujuan KPU tidak lain untuk memastikan PPK benar-benar sehat,” tandasnya.

Dalam hal ini, pihaknya berharap, setelah pemilihan berjalan ayem tentrem, juga temen-temen penyelenggara dan masyarakat sehat dan terhindar dari bahaya covid-19.

“Maka ini bagian upaya kami mencegah penyebaran Covid-19,” paparnya.

Diketahui sebelumnya, KPU Tuban sejak awal telah menekankan pentingnya penerapan protokol kesehatan pada pelaksanaan pemungutan suara di TPS. Seperti memakai masker dengan benar, mencuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak aman harus terus dilakukan oleh penyelenggara Pilkada.

Sejumlah Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas TPS dan pemilih, mulai dari masker, hand sanitizer, tempat cuci tangan, sarung tangan, Face Shield, dan cairan desinfektan telah didistribusikan. Upaya tersebut guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.(Sal/And/Red)


Like it? Share with your friends!

52

What's Your Reaction?

hate hate
200
hate
confused confused
800
confused
fail fail
500
fail
fun fun
400
fun
geeky geeky
300
geeky
love love
1000
love
lol lol
100
lol
omg omg
800
omg
win win
500
win
Suara Data Network
assalamualaikum

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *