2 Caleg PKB Masuk Unggulan Dapil Tuban-Bojonegoro Versi Y-Publica


70
Pemaparan hasil survey

TUBAN-Dua Calon Legislatif (Caleg) asal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) masuk daftar unggulan Caleg DPR RI di Dapil IX wilayah Tuban-Bojonegoro menurut survey Y-Publica. Survey tersebut dilakukan mulai 4 hingga 13 Pebruari 2019 dengan jumlah responden 800 orang yang mewakili setiap kecamatan.

Direktur Eksekutif Y Publica, Rudi Hartono dalam keterangan rilisnya yang diterima Suaradata.com, pada Senin (25/2/2019) mengatakan, suvey ini tim menggunakan metode pengambilan sampel secara acak bertingkat atau multistage random. Tingkat kepercayaan metode tersebut sebesar 95 persen dengan margin of error sebesar 3,5 persen. Hasilnya, dari 6 kursi yang menjadi jatah Dapil Jatim IX diisi oleh 4 kandidat yang merupakan calon-calon baru dan belum pernah mencalonkan diri sebagai Caleg DPR RI sebelumnya. Keempatnya yakni, Haeny Relawati dari Partai Golkar, Farida Hidayati dari PKB Ratna Juwita Sari juga dari PKB dan J. Urip Utomo dari PDI Perjuangan.

“Caleg dua lainnya diisi petahana, yakni Didik Mukrianto dari Partai Demokrat dan Wihadi Wiyanto dari Partai Gerindra,” paparnya.

Kata Rudi sapaan akrabnya menerangkan, Haeny Relawati yang merupakan mantan Bupati Tuban dua periode mendapatkan tingkat keterpilihan tertinggi dengan mengantongi pilihan responden sebesar 12,3 persen. Selanjutnya, disusul calon lainnya, Farida Hidayati memiliki elektabilitas sebesar 10,8 persen, Didik Mukrianto sebesar 9,3 persen, Wihadi Wiyanto sebesar 8,4 persen, J. Urip Utomo sebesar 7,5 persen dan Ratna Juwita Sari sebesar 6,8 persen.

“Daftar nama itu kami dapatkan dari jawabab responden,” tuturnya.

Sementara itu, beberapa petahana yang terpilih dalam Pileg 2014 lalu banyak yang memiliki elektabilitas dibawah enam besar. Mereka adalah Abidin Fikri dengan elektabilitas sebesar 4,3 persen, Satya Yudha sebesar 3,1persen dan Lukmanul Khakim sebesar 2,1 persen. Sedangkan, caleg pendatang baru yang masuk dalam 10 besar adalah Suyoto dan Setyo Hartono. Keduanya merupakan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro periode 2013-2018.

“Abidin Fikri dan Satya Yudha masih masuk dalam kategori 10 besar. Tapi, Lukmanul Khakim hanya menempati posisi 11,” pungkas Rudi.(NDI)


Like it? Share with your friends!

70

What's Your Reaction?

hate hate
600
hate
confused confused
200
confused
fail fail
900
fail
fun fun
800
fun
geeky geeky
700
geeky
love love
400
love
lol lol
500
lol
omg omg
200
omg
win win
900
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *