Inilah Lima Tokoh Perempuan Dinilai Layak Maju di Pilgub Jatim 2024 Menurut ARCI


85
Direktur Eksekutif Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI), Baihaki Sirajt

Reporter : Royvi Novriansyah

SURABAYA, SUARADATA.com-Meski pelaksanaan Pemilu serentak 2024 masih jauh, akan tetapi tensi politik di daerah sudah mulai dinamis.

Di Jawa Timur misalnya, sejumlah tokoh perempuan dinilai memiliki potensi dan layak maju pada gelaran Pilgub yang akan datang selain Khofifah Indar Parawansa yang saat ini menjabat sebagai Gubernur.

Menurut Direktur Eksekutif Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI), Baihaki Sirajt mengungkapkan, Jawa Timur masih membutuhkan sosok perempuan sebagai Gubernur atau Wakil Gubernur.

“Saya kira kepemimpinan perempuan di Jatim sebagai Gubernur atau Wakil Gubernur masih sangat ideal dan sangat dibutuhkan,” tukas Baihaki.

Akan tetapi, kata Baihaki, bukan berarti dirinya menafikan kehadiran sosok Gubernur atau Wakil Gubernur dari kalangan laki-laki.

“Kalau menurut saya kolaborasi ya, antara laki-laki dan perempuan dalam memimpin Jatim seperti sekarang ini,” bebernya.

Saat disinggung, sosok perempuan yang layak memimpin Jatim, Baihaki menyebutkan bila yang pertama adalah Gubernur Jatim yang sekarang menjabat.

“Bu Khofifah sangat bagus kepemimpinannya, masih dibutuhkan oleh masyarakat Jatim,” terangnya.

Lebih lanjut Baihaki menilai, ada sejumlah tokoh perempuan yang layak maju di Pilgub Jatim 2024 selain Khofifah. Diantaranya, ada Risma mantan Walikota Surabaya dan sekarang menjabat Mensos.

“Beliau (Bu Risma) sudah tidak diragukan kemampuannya bila maju di Pilgub Jatim,” ungkap Baihaki.

Baihaki juga menyebutkan, PDIP Jatim memiliki kader perempuan potensial seperti Sri Untari Bisowarno yang saat ini menjabat Ketua Fraksi PDIP Jatim sekaligus Sekretaris DPD PDIP Jatim.

“Beliau tdak hanya tokoh Partai, namun juga sukses memimpin Koperasi di Malang, bahkan sebagai Ketua Dekopin Pusat, jadi sangat layak kalau maju Pilgub,” tandasnya.

Selanjutnya Baihaki menyebutkan, selain itu PKB Jatim juga memiliki dua kader perempuan yang berpotensi maju di Pilgub Jatim. Yaitu Anik Maslachah yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Jatim dan Anna Muawanah yang saat ini menjabat sebagai Bupati Bojonegoro.

“Kedua tokoh ini juga sangat memiliki potensi bila bertarung di Pilgub Jatim,” jelas Baihaki.

Kemudian Baihaki menambahkan, ada satu sosok perempuan lagi yang berpotensi maju di Pilgub Jatim. Yakni, Mundjidah Wahab yang saat ini menjabat Bupati Jombang.

“Beliau politisi perempuan senior, sehingga saya kira juga layak maju Pilgub Jatim,” pungkasnya.(Roy/And/Red)


Like it? Share with your friends!

85

What's Your Reaction?

hate hate
400
hate
confused confused
1000
confused
fail fail
700
fail
fun fun
600
fun
geeky geeky
500
geeky
love love
200
love
lol lol
300
lol
omg omg
1000
omg
win win
700
win
Suara Data Network
assalamualaikum

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *