Jamin Keamanan Masyarakat, Pemungutan Suara di TPS Terapkan Prokes


71

Reporter: Nursalam

TUBAN, SUARADATA.com-Dalam pelaksanaan Pilkada di tengah pandemi covid-19, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten telah menyiapkan sejumlah sarana prasarana pendukung protokol kesehatan.

Hal itu bertujuan guna meminimalisir potensi penyebaran COVID-19 dan menjamin pelaksanaan pemungutan suara pada 9 Desember 2020 mendatang berjalan dengan lancar dan sehat.

“Proses pemungutan suara dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan,” kata Sekretaris KPU Tuban, Mochamad Arifuddin Senin (7/12/2020).

Arif mengatakan, setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) telah disiapkan fasilitas pendukung. Diantaranya, penyediaan Alat Pelindung Diri (APD) untuk petugas, fasilitas cuci tangan dan sarung tangan untuk pemilih, dan pengaturan lokasi pemungutan. Selanjutnya, dilakukan pemeriksaan suhu tubuh sebelum hadir di TPS.

“Sebelum masuk TPS pemilih kita tes suhu tubuhnya dengan thermo gun,” tambahnya.

Selain itu, para petugas KPPS telah menyerahkan surat pemberitahuan kepada pemilih untuk datang sesuai dengan jam yang ditentukan. Upaya tersebut sebagai bentuk pencegahan penyebaran Covid-19 saat Pilbup dan Wabup Tuban

“Pengaturan waktu kedatangan pemilih dimaksudkan untuk menghindari terjadinya kerumunan di TPS,” ujarnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Kabupaten Tuban Divisi Sosdiklih, SDM, dan Parmas, Zakiyatul Munawaroh mengungkapkan, untuk semua petugas baik KPPS maupun LINMAS sudah menjalani rapid tes.
Dan di pastikanyang dapat bekerja pada 9 desember hanya yang Non Reaktif.

“Dengan penerapan protokol kesehatan ini diharapkan dapat menambah keyakinan masyarakat untuk menyalurkan hak suaranya,” katanya.

Untuk warga Kabupaten Tuban yang sedang menjalani isolasi akan didata dan ditawarkan untuk memberikan suaranya. Jika memang warga tersebut bersedia mencoblos maka akan didatangi petugas khusus.

“Saat ini petugas sedang mendata untuk selanjutnya disampaikan ke tingkat di atasnya,” pungkasnya.(Sal/And/Red) 


Like it? Share with your friends!

71

What's Your Reaction?

hate hate
400
hate
confused confused
1000
confused
fail fail
700
fail
fun fun
600
fun
geeky geeky
500
geeky
love love
200
love
lol lol
300
lol
omg omg
1000
omg
win win
700
win
Suara Data Network
assalamualaikum

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *