KPU Gelar Sosialisasi Pilkada Tuban 2020 ke Penyandang Tunanetra Reporter: Nursalam


89

Reporter: Nursalam

TUBAN, SUARADATA.com-Para penyandang tunanetra yang tergabung dalam Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) mendapatkan sosialisasi tentang Pilkada Tuban 2020 dari KPU Kabupaten Tuban.

Diharapkan, para penyandang tunanetra ini bisa menggunakan hak suaranya dalam pesta demokrasi pada 9 Desember 2020 besok.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tuban bersama Pertuni menggelar sosialisasi di Grand Javanila Resto, yang berada dijalan A.Yani No.11 Tuban. Tentang tata cara menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Sosialisasi ini penting bagi kita semua, terutama bagi para penyandang disabilitas,” kata Komisioner KPU Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM Zakiyatul Munawaroh, Sabtu (5/12/2020).

Selain itu pihaknya juga menuturkan, pemilih disabilitas boleh menggunakan hak pilihnya dengan didampingi oleh pendamping pemilih yang dipilih oleh mereka sendiri.

“Hal ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi pemilih disabilitas dalam menggunakan hak pilihnya, selain itu, pendamping pemilih tadi juga wajib mengisi formulir pendamping pemilih,” terangnya.

Wanita yang kerap disapa Zakiya ini juga menegaskan, KPU tetap menggelar pemilihan di tengah pandemi dengan menerapkan protokol kesehatan. Yakni, datang ke TPS dengan memakai masker, mencuci tangan, dan mengecek suhu tubuh sebelum masuk TPS.

Kemudian memasuki area TPS pemilih akan diberikan sarung tangan sekali pakai untuk kemudian mencoblos menggunakan alat coblos yang disediakan.

Setelah itu, sarung tangannya dimasukkan ke tempat sampah yang sudah disediakan, lalu diberikan tanda tinta dengan cara ditetes untuk menghindari droplet.

Dipastikan dalam pemilihan nanti semua pemilih tidak boleh bergerombol dan jaga jarak.

“Lalu bagi pemilih yang memiliki suhu badan 37,3 derajat celcius akan disediakan bilik khusus,” pungkasnya.(Sal/And/Red) 


Like it? Share with your friends!

89

What's Your Reaction?

hate hate
700
hate
confused confused
300
confused
fail fail
1000
fail
fun fun
900
fun
geeky geeky
800
geeky
love love
500
love
lol lol
600
lol
omg omg
300
omg
win win
1000
win
Suara Data Network
assalamualaikum

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *