KPU Jatim Temukan 17 WNA Masuk DPT Pemilu 2019


51
anggota KPU Jatim, Gogot

TUBAN-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jatim Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat (Sosdiklih dan Parmas), Gogot Cahyo Baskoro mengatakan, sedikitnya ada 17 Warga Negara Asing (WNA) yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Jawa Timur dalam Pemilu 2019 ini.

Hal itu diungkapkan Gogot sapaan akrabnya, saat menghadiri peringatan Hari Pers di Tuban yang di gelar Ronggolawe Pers Solidarity (RPS) di Pendopo Kridho Manunggal, Selasa (12/3/2019).

KPU Jawa Timur mencatat, Data WNA yang masuk dalam DPT ini diperoleh KPU berdasarkan hasil temuan dari Bawaslu Provinsi. Saat ini temuan DPT warga negara asing tersebut sudah dilakukan verifikasi mendalam, juga telah dilaporkan ke KPU Pusat di Jakarta.

“KPU Jatim memang menerima laporan ada kurang lebih 17 WNA yang masuk dalam DPT ini sudah kita lakukan kroscek,” jelas Gogot.

Ia menambahkan, saat ini kurang lebih 17 WNA masuk dalam DPT sudah dilakukan pencoretan dari daftar pemilih tetap tahun 2019. Seluruh KPU kabupaten/kota di Jawa Timur juga sudah diminta untuk menghapus dan memverifikasi data mereka dalam DPT.

“Tentunya dengan temuan ini, kita KPU Provinsi Jawa Timur tidak hanya menindaklanjuti temuin ditingkat provinsi. Kami juga sudah meminta kepada setiap KPU daerah dan kota jika menemukan adanya warga negara asing yang masuk dalam DPT agar dilakukan pencoretan,” sambungnya.

Terkait dengan kasus temuan DPT WNA ini, pihaknya juga meminta kepada jajaran KPU di kabupaten/kota agar terus melakukan koordinasi dengan Disdukcapil setempat. Terutama terkait falidasi data agar proses jalannya pemilu tahun 2019 ini sesuai dengan harapan bersama.

“Semoga pemilu 2019 ini berjalan dengan lancar,” pungkasnya.(SAL)


Like it? Share with your friends!

51

What's Your Reaction?

hate hate
600
hate
confused confused
200
confused
fail fail
900
fail
fun fun
800
fun
geeky geeky
700
geeky
love love
400
love
lol lol
500
lol
omg omg
200
omg
win win
900
win
Suara Data Network
assalamualaikum

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *