Dinkes Tuban Targetkan Vaksinasi Tahap 1 Selesai Akhir Februari


68

Reporter: Nursalam

TUBAN, SUARDATA.com-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban, menargetkan vaksinasi Covid-19 di tahap 1 selesai Akhir Februari.2021.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Dinkes Endah Nurul Khomariyati, saat menjadi narasumber pada program Mondaytalk LPPL Pradya Suara Tuban, Senin (15/21/2021).

“Vaksinasi tahap 1 ditargetkan selesai pada akhir Februari 2021,” ungkapnya.

Lebih lanjut Endah mengungkapkan, jumlah total penerima vaksin Covid-19 di tahap 1 di kabupaten Tuban mencapai 3.530 penerima. Namun, sampai saat ini proses vaksinasi Covid-19 tahap 1 dosis pertama mencapai 91 persen atau sekitar 2.884 orang. Sedangkan, vaksinasi Covid-19 tahap 1 dosis kedua mencapai 446 orang.

“Vaksinasi tahap 1 dilakukan di 2 RSUD, 33 Puskesmas dan 1 klinik,” tambahnya.

Setelah vaksinasi tahap 1 selesai, lanjut Endah, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban segera bergerak cepat mendata calon penerima vaksin Covid-19 tahap 2. Pada bulan Maret mendatang akan dilakukan penyuntikan dosis pertama.

“Proses vaksinasi tahap 2 rencanannya dapat diselesaikan dalam kurun waktu 2 bulan,” tambah perempuan yang juga menjadi juru bicara satgas covid-19 Kabupaten Tuban.

Adapun sasaran vaksinasi tahap 2 adalah profesi pelayanan publik yang kontak dengan banyak orang diantaranya personil TNI, Polri, Satpol PP, Aparatur Sipil Negara, Guru/Dosen, pedagang pasar, petugas objek wisata, dan pers. Nantinya, proses distribusi vaksin tahap 2 akan dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan.

“Saat ini dilakukan sinkronisasi data antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.Sedangkan masyarakat umum akan masuk pada vaksinasi tahap 3,” terangnya.

Sementara itu, sebagai upaya percepatan, Dinkes Tuban juga akan menambah tenaga vaksinator dengan melibatkan nakes dari rumah sakit dan klinik swasta untuk diberikan pelatihan vaksinasi. Pelibatan nakes dari sektor swasta menjadi mendukung kesuksesan program vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Tuban.

Selain itu, Dinkes Tuban akan bekerja secara paralel untuk memenuhi target nasional yaitu dapat selesai dalam kurun waktu 17 bulan. Begitu selesai proses penyuntikan data langsung diperbaharui bersamaan dilakukan vaksinasi tahap pertama dosis kedua. Di samping itu, disusun langkah-langkah selanjutnya.

“Proses vaksinasi kabupaten Tuban diharapkan dapat diselesaikan dalam kurun waktu 1 tahun,” pungkasnya.(Sal/And/Red)


Like it? Share with your friends!

68

What's Your Reaction?

hate hate
200
hate
confused confused
800
confused
fail fail
500
fail
fun fun
400
fun
geeky geeky
300
geeky
love love
1000
love
lol lol
100
lol
omg omg
800
omg
win win
500
win
Suara Data Network
assalamualaikum

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *