Ezra Tak Boleh Bela Timnas U-23, Begini Alasanya


53
Ezra Walian terganjal statuta FIFA sehingga tak bisa perkuat Timnas U-23 (foto antara.com)

EZRA WALIAN-Jelang pertandingan perdana melawan Thailand di kualifikasi Piala Asia U-23 2020 sore nanti, akhirnya Federation of International Football Association (FIFA) dan Asian Football Confederation (AFC) melarang Ezra tampil bersama Timnas U-23, pasalnya Pemain naturalisasi asal belanda ini pernah membela Timnas Belanda U-17 dikompetisi resmi pada tahun 2013.

Kepastian status Ezra tidak bisa membela Timnas U-23 di kualifikasi Piala Asia U-23 ini diunghah dilaman resmi PSSI melalui Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria.

“PSSI menghormati keputusan FIFA. Namun, kita masih punya peluang untuk challenge terkait status Ezra,” ungkap Ratu Tisha.

Sebelumnya PSSI telah mengirimkan semua dokumen naturalisasi Ezra ke FIFA, status Ezra terganjal oleh statuta Federasi sehingga penyerang berpostur tinggi itu tidak bisa membela Timnas U-23 di ajang ini.

Berdasarkan peraturan terkait penerapan Statuta Pasal 5 Dengan pengecualian terhadap kondisi yang dijelaskan pada pasal 8, setiap pemain yang pernah bermain di pertandingan (baik penuh maupun tidak) pada pertandingan kompetisi resmi di setiap kategori dan jenis sepak bola atas nama salah satu asoasiasi tidak diperbolehkan untuk bermain di pertandingan international asosiasi lainnya.

Sementara pada pasal 8 disebutkan, apabila pemain tersebut memiliki lebih dari satu kewarganegaraan, atau apabila memperoleh kewarganegaraan baru atau apabila pemain dapat bermain untuk bermain di berbagai tim dikarenakan kewarganegaraannya, ia boleh, ketika telah berusia lebih dari 21 tahun, dan hanya boleh sekali, meminta untuk mengubah asosiasi dimana ia akan dapat bermain pertandingan internasional untuk negara selain dari kewarganegaraannya apabila ia memenuhi kondisi berikut: Ia tidak pernah sebelumnya bermain (baik penuh maupun tidak) di kompetisi resmi pada kategori ‘A’ match untuk asosiasinya saat itu, dan pada saat ia bermain secara penuh maupun tidak di pertandingan internasional pada kompetisi resmi dari asosiasinya saat itu, ia telah memiliki kewarganegaraan dari tim yang ia hendak bela. (HEN)


Like it? Share with your friends!

53

What's Your Reaction?

hate hate
1000
hate
confused confused
600
confused
fail fail
300
fail
fun fun
200
fun
geeky geeky
100
geeky
love love
800
love
lol lol
900
lol
omg omg
600
omg
win win
300
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *