Masa Pandemi Covid-19, Jumlah Penderita DBD Menurun

Sekdinkes Tuban, Endah Nurul Komariyati.

Reporter: Nur Salam

TUBAN, SUARADATA.com-Jumlah kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Tuban tahun ini mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban, Endah Nurul Komariyati saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (7/7/2020)

Kata dia, sejak Januari hingga Juni 2020 jumlah pasien DB sebanyak 33 orang. Sedangkan, jumlah penderita DBD pada 2019 lalu mulai dari Januari hingga Juni tercatat sekitar 140 orang atau sebanyak 397 orang dalam satu tahun.

“Sampai Juni 2020 jumlah penderita DBD ada 33 orang. Jumlah ini menurun dibandingkan jumlah penderita DBD pada enam bulan awal tahun lalu,” ungkapya.

Penurunan jumlah kasus DBD di Kabupaten Tuban, menurut Endah dimungkinkan karena musim penghujan yang tidak begitu panjang seperti tahun lalu. Selain itu, dengan adanya masa pandemi Virus Corona (Covid-19) ini masyarakat juga lebih rajin dalam menjaga kebersihan.

“Menurunnya jumlah DBD ini karena adanya pandemi yang mengharuskan kita menjaga kebersihan dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Karena itu berdampak pada penyakit yang lain sehingga penyakit yang lain juga turun,” beber Endah.

Selanjutnya, Endah menambahkan, dari 33 penderita DBD yang tercatat di Dinkes Kabupaten Tuban tersebut memiliki usia yang bervariasi.

“Untuk usia penderita bervariasi,” tutupnya.(Sal/And/Red)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top