Tari Kolosal Hingga Band Ibu Kota Ramaikan Penutupan Porprov di Tuban


74
Seribu penari kolosan menutup acara Porprov 2019

TUBAN-Seribu penari kolosal rampak beduk turut ramaikan penutupan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur tahun 2019 yang digelar di empat kabupaten. Acara Closing Ceremony Porprov diadakan di Stadion Tuban Bumi Wali, Kelurahan Gedongombo, Semanding, Tuban, Sabtu (13/07/2019) malam.

Pada gelaran Closing Ceremony Porprov VI Jatim, seluruh undangan dan masyarakat tampak hanyut menikmati pertunjukan Tari Kolosal Rampak Bedug; Parade Defile Kontingen; Marching Band; dan pertunjukan pesta kembang api, serta penampilan grup musik ADA Band.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, menyatakan kekagumannya atas penutupan Porprov VI Jatim yang luar biasa. Porprov menjadi kawah candradimuka bagi atlet yang akan membanggakan Indonesia nantinya. Selain itu, Porprov juga menjadi momentum bagi masyarakat untuk meningkatkan ekonomi, solidaritas sosial, serta media pengajaran untuk menjunjung tinggi sportifitas.

Ia juga menyampaikan, pihaknya saat ini tengah menyiapkan regulasi terkait diselenggarakannya Pekan Olahraga Nasional (PON) dua tahun sekali di dua provinsi. Usai penyelenggaraan Porprov ini, sejumlah event olahraga akan digelar, salah satunya adalah Asean School Game (ASC) 2019 di Semarang.

“Kami berharap 24 atlet dari Jatim yang tergabung dalam kontingen ASC mampu mengharumkan nama baik Indonesia di kancah internasional,” serunya. Karenanya, semua pihak mulai harus mendukung setiap usaha yang dilakukan atlet untuk meraih prestasi tertinggi.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, dalam ajang Porprov VI ini banyak yang viral. Salah satunya adalah venue Cabor Paralayang yang ada di Kabupaten Tuban.

“Banyak yang kaget ada venue paralayang yang indahnya luar bisa. Dan itu adanya di Tuban. Saya rekomendasikan khusus mumpung ada Menpora, jika ada lomba, jika ada kejuaraan paralayang, maka masukkan venue di Kabupaten Tuban,” kata Khofifah.

Selain itu juga ada venue olahraga lain yang tak kalah viral juga, yaitu venue sepatu roda yang berada di Mangrove Center Tuban. Ia ingin agar ke depan venue-venue olahraga di Jatim lebih dipromosikan.

“Porprov VI ini seperti yang disampaikan Ketum KONI Jawa Timur, telah mencetak rekor dibanyak cabor. Maka saya ajak kepada seluruh kepala daerah, pimpinan KONI, pelatih, agar bibit-bibit unggul bisa terus dilatih,” kata Khofifah.

Bagi yang sukses meraih banyak prestasi, Khofifah memberikan selamat. Sedangkan yang belum sukses ia memberikan semangat supaya ke depan prestasi bisa lebih banyak diukir.

Sementara itu, Bupati Tuban, H. Fathul Huda mengutarakan .kebahagiaannya menjadi tuan rumah Porprov VI Jatim 2019. Hadirnya Porprov di Kabupaten Tuban mampu membawa multiplayer efek. Diantaranya, meningkatkan pertumbuhan wirausaha, baik pedagang asongan maupun UMKM hingga 40 persen; dan hunian hotel penuh.

Porprov Jatim mampu memotivasi masyarakat untuk giat berolahraga hingga di tingkat desa. Di Tuban ada 328 kelurahan dan desa, di mana Dana Desa salah satunya dipakai membangun fasilitas olahraga seperti lapangan sepakbola.

Bupati Huda juga mendukung Pemprov dan KONI Jatim terkait penyelenggaraan Porprov dua tahun sekali. Selain itu, orang nomor satu di Kabupaten Tuban ini juga cukup puas atas capaian prestasi kontingen Bumi Wali yang berada di 11 besar klasemen perolehan poin. Prestasi ini mengalami kenaikan daripada sebelumnya.

“Kami menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada atlet, official dan masyarakat Tuban yang telah menyukseskan Porprov VI Jatim di kabupaten Tuban,” tutur Bupati.

Ketua KONI Jatim, Ir. Erlangga Satriagung menyatakan Porprov VI Jatim merupakan Porprov terbesar di Indonesia. Sebanyak 7.718 atlet, 2.484 official atau dengan total 10.302 terlibat dalam ajang olahraga ini. “Dibanding PON Papua mendatang, jumlah atlet yang sudah terkonfirmasi di PON itu belum sampai 7.800,” kata Erlangga.

Sebanyak 1553 medali diperebutkan pada 40 Cabor yang digelar di tuan rumah Gresik, Lamongan, Tuban, dan Bojonegoro.(Sal/Fat/Red)


Like it? Share with your friends!

74

What's Your Reaction?

hate hate
500
hate
confused confused
100
confused
fail fail
800
fail
fun fun
700
fun
geeky geeky
600
geeky
love love
300
love
lol lol
400
lol
omg omg
100
omg
win win
800
win
Suara Data Network
assalamualaikum

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *