1.000 Pohong Pisang Cavendish Mulai Ditanam di Lahan Bekas Tambang


72
Penanaman pohon pisang cavendish di lahan bekas tambang tanah liat

TUBAN-Upaya Pt Semen Indonesia pabrik Tuban dalam menyejahterakan masyarakat sekitar perusahaan terus digalakkan.

Kali ini melalui CSR, perusahaan plat merah tersebut mengajak 200 orang terdiri dari petani green belt dan berbagai klub binaan Pt Semen Indonesia menanam 1.000 pohon pisang jenis cavendish di lahan bekas tambang yang berada di Desa Tlogowaru, Kecamatan Merakurak, pada Senin (22/4/2019).

Senior Vice President (SVP) of Production Semen Indonesia, Joko Sulistiyanto menerangkan, penanaman 1.000 pohon pisang ini dalam rangka memperingati Hari Bumi (Earth Day) 2019 yang dikemas “Community Day”. Kegiatan ini merupakan bagian dari program membangun kekuatan, memajukan Indonesia dan sekaligus bentuk kontribusi nyata perusahaan dalam menjaga kelestarian lingkungan.

“Penanaman pohon pisang di area paska tambang ini selain untuk penghijauan, juga sebagai upaya perusahaan melakukan pemberdayaan masyarakat yang berada di wilayah pengembangan perusahaan. Sebab, nanti yang mengelola tanamannya adalah masyarakat sekitar sendiri dan hasilnya pun dapat dinikmati oleh pengelolanya,” bebernya.

Menurut Joko sapaan akrabnya, di area pasca tambang tanah liat Tlogowaru ini bakal dibuat Eco Park Kambangsemi. Di Eco Park selain ditanami pohon pisang, juga akan ditanami pohon Alphokat. Selain itu, di Eco Park bakal didirikan kandang kambing, sehingga nantinya tempat ini menjadi ladang ekonomi untuk masyarakat sekitar perusahaan.

“Semoga Eco Park ini bisa berjalan dengan apa yang kita harapkan, karena nanti yang mengelola Eco Park adalah masyarakat, hasilnya juga untuk masyarakat. Sedangkan, perusahaan hanya inisiasi dan melakukan pendampingan saja,” terangnya.

Sekedar diketahui, peringatan hari bumi pada 2019 ini turut diselenggarakan di beberapa lokasi operasional perusahaan Pt Semen Indonesia. Meliputi, Lhoknga (Aceh), Indarung (Sumatra Barat), Narogong (Jawa Barat), Cilacap (Jawa Barat), Rembang (Jawa Tengah), Tuban (Jawa Timur), Gresik (Jawa Timur) dan Pangkep (Sulawesi Selatan).(SAL)


Like it? Share with your friends!

72

What's Your Reaction?

hate hate
100
hate
confused confused
700
confused
fail fail
400
fail
fun fun
300
fun
geeky geeky
200
geeky
love love
900
love
lol lol
1000
lol
omg omg
700
omg
win win
400
win
Suara Data Network
assalamualaikum

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *