Anggota DPR RI Fraksi Gerindra Wacanakan Relokasi Lapas Tuban


66

Tuban, SUARADATA.com-Lapas Kelas 2B Tuban saat ini mengalami over kapasitas. Hal ini membuat Anggota Komisi III DPR RI Wihadi Wiyanto fraksi Partai Gerindra mewacanakan relokasi lapas Tuban ketika melakukan kunjungan kerja di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tuban, Selasa (17/3/2020).

Menurut keterangan salah seorang petugas Lapas Tuban, Wenda kepada Wihadi, saat ini daya tampung Lapas Tuban yang hanya berkapasitas 226 orang diisi oleh 352 orang per 17 maret 2020.

Over kapasitas ini menurut penilaian Wihadi salah satu penyebabnya adalah dikarenakan Lapas Tuban juga berfungsi sebagai Rumah Tahanan karena terdapat tahanan titipan dari Instansi penegak hukum lain.

“Sebenarnya over kapasitas ini karena Lapas Tuban menjadi satu dengan rutan, ini menjadi satu poin buat saya,”ujarnya.

Inilah yang menyebabkan Wihadi mengusulkan adanya relokasi meninjau dari segi bangunan dan luas Lapas yang terbatas dibanding dengan isi hunian.

“Saya kira ini satu masukan buat saya, ini saya sampaikan ke pak Menteri untuk direlokasi,” jelasnya.

Dia berharap tahun depan Lapas Tuban mendapatkan anggaran untuk relokasi rutan, dan dapat mengkomunikasikan dengan Pemerintah Kabupaten Tuban.

“Siapa tahu beliau (Pemkab Tuban) mau menyediakan lokasinya karena ini ada aset tanahnya di sini,” pungkas Anggota Fraksi Partai Gerindra.

Dalam kegiatan tersebut Wihadi juga mengapresiasi perkembangan Lapas Tuban yang dinilainya mengalami kemajuan yang pesat dan kinerja petugas yang semakin membaik.(Sir/Gun/Red)


Like it? Share with your friends!

66
Suara Data Network
assalamualaikum

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *