Jaga Imunitas Bisa Cegah Covid-19


38
Direktur RSUD dr Koesma Tuban dr. Saiful Hadi, didampingi Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono saat menggelar apel pagi di Mapolres setempat.

Reporter: Nursalam

TUBAN,SUARADATA.com-Dalam pencegahan penyebaran virus Covid 19 selain menerapkan 3 M juga haru menjaga imunitas.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Direktur RSUD dr Koesma dr. Saiful Hadi didampingi Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono saat menggelar apel pagi di mapolres setempat, Senin (4/01/2021).

Kedatangan Direktur RSUD dr Koesma tersebut untuk berbagai pengalaman menangani pasien Covid-19 kepada seluruh anggota polres yang mengikuti apel pagi. Tidak hanya sekedar berbagi pengalaman, dokter Saiful juga menjelaskan bagaimana gejala-gejala awal yang terjadi pada penderita Covid-19 serta alternatif pengobatannya.

“Pintu masuk Covid-19 harus melalui hidung dan mulut, dan penularannya yang pertama melalui Droplet,” ungkap mantan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Tuban ini.

Selain itu, jika berhadapan langsung atau bicara dengan orang yang tidak pakai masker 1,5 meter langsung kena. Kalau yang bersangkutan batuk bisa sampai 3 meter dan kalau bersin bisa sampai 5-6 meter.

“Yang kedua penularannya melalui Aerosol dan jangkauannya bisa sampai 10 meter. Jadi tempat-tempat yang tertutup dan ber AC disamping Droplet juga melalui Aerosol,” tambahnya.

Sementara itu, untuk pencegahannya tidak cukup dengan memakai masker. Karena masker saja kemungkinan masih bisa tembus. Selain menerapkan 3 M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan), juga harus menjaga Imunitas. Virus ini walaupun cepat menular akan tetapi juga cepat mati. Jangan Takut Tapi Harus Waspada.

“Selain obat-obatan khusus dan Vitamin C. Cara alternatif untuk mematikan saat virus sudah ada di dalam dengan minum air hangat dicampur madu. Lalu dikasih minyak kayu putih serta bawang putih sehari tiga kali. Sebelum diminum agar uapnya dihirup untuk mematikan virus yang ada di saluran pernapasan,” imbuhnya.

Ditempat yang sama, Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono menerangkan, kedatangan Direktur RSUD Koesma saat apel agar menyampaikan pengalamannya saat menangani pasien covid-19.

“Sengaja saya undang Direktur RSUD untuk berbagi pengalaman tentang Covid-19 kepada rekan-rekan,” pungkasnya.(Sal/And/Red)


Like it? Share with your friends!

38

What's Your Reaction?

hate hate
500
hate
confused confused
100
confused
fail fail
800
fail
fun fun
700
fun
geeky geeky
600
geeky
love love
300
love
lol lol
400
lol
omg omg
100
omg
win win
800
win
Suara Data Network
assalamualaikum

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *