Petani Cabai di Tuban Dibantu Mentan, Dinas Pertanian Siap Mengawal


72
Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tuban, Murtadji bersama jajarab Mentan RI turun ke lapangan guna mengecek harga cabai

TUBAN-Pemerintah Kabupaten Tuban melalui Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan menyatakan, siap mengawal terus harga cabai yang kini kondisinya sedang anjlok.

Tak hanya itu, dinas pertanian telah mengawal harga cabai yang telah dibeli oleh mitra Mentan RI maupun bulog yang telah membeli cabai petani dengan harga Rp 8 ribu perkilogram, baik cabai rawit merah maupun cabai merah kriting. Pasalnya, sebelum dibeli oleh mitra Mentan harganya anjlok hingga Rp 2.000 peekilogram untuk cabai rawit dan Rp cabai merah kriting seharga Rp 4.000 perkilogram.

“Pastinya kami menyambut baik bantuan dari Mentan dan siap mengawal ini agar tengkulak tidak memainkan harga cabai di Tuban,” ungkap Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tuban, Murtadji saat berada di lokasi Gapoktan Ngandong, Kecamatan Grabagan, Minggu (12/5/2019).

Ia bercerita, sebelum petani cabai dibantu mentan awalnya mereka (petani) “sambat” kepada bupati. Adanya keluhan itu langsung ditindaklanjuti bupati dan melaporkan kepada Menteri Pertanian (Mentan).

Guna mengatasi permasalahan itu, Mentan bergerak cepat dan mengutus Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan, Badan Ketahanan Pangan, Kasubdit Cabai Ditjen Hortikultira, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Jawa Timur dan Bulog Subdrive Bojonegoro serta para mitranya mengecek ke lapangan. Karena menemui harga yang anjlok, sehigga mentan membantu petani dengan membeli harga cabai yang pantas.

“Alhamdulillah para petani respon bagus dan senang. Semoga dengan bantuan tersebut membuat para petani cabai puas,” paparnya.

Kadis kelahiran Kecamatan Palang ini berharap, mentan bisa terus membantu para petani cabai yang tersebar di Kabupaten Tuban. Melalui bulog dan mitranya diharapkan bisa menyetabilkan harga cabai yang biasanya turun saat panen raya.

“Hari ini cabai yang sudah dibeli oleh mitra mentan sebanyak 10 ton yang dimuat 2 truk,” imbuhnya.

Ditempat yang sama, Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan, Badan Ketahanan Pangan, Risfaheri saat berada di Gapoktan Ngandong, Kecamatan Grabagan mengungkapkan, tim turun langsung ke lapangan guna mengecek dan melakukan pembelian langsung demi menyetabilkan harga cabai yang anjlok. Saat turun di lapangan telah disepakati pembelian cabai rawit merah dan cabai merah kriting seharga Rp 8.000 perkilogram.

“Kami turun langsung karena untuk menyetabilkan harga cabai yang terus anjlok,” ujarnya.(SAL)


Like it? Share with your friends!

72

What's Your Reaction?

hate hate
300
hate
confused confused
900
confused
fail fail
600
fail
fun fun
500
fun
geeky geeky
400
geeky
love love
101
love
lol lol
200
lol
omg omg
900
omg
win win
600
win
Suara Data Network
assalamualaikum

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *