Kemenag Ajak Madrasah di Tuban Harus Inovatif dan Berkualitas


66

Reporter: Nursalam

TUBAN, SUARADATA.com-Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban mengajak semua Madrasah yang ada di Bumi Wali harus inovatif dan berkualitas.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kemenag Tuban, Sahid dalam pembukaan acara bimtek Penerapan Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan Elektronik Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (ERKAM) Tim Inti Madrasah (TIM) di Kecamatan Widang, Senin (04/12/2020).

“Kepala madrasah harus mempunyai inovasi menjadi enterpreneur supaya madrasah bisa berkualitas. Mulailah dengan merumuskan EDM sesuai dengan kenyataan untuk berusaha meningkatkan kualitas,” ungkapnya.

Menurutnya, ERKAM dan EDM ini ada 29 indikator yang meliputi 5 aspek. Yaitu kedisplinan, pengembangan diri pendidik dan tenaga kependidikan, penilaian atas proses pembelajaran, sarpras dan pembiayaan.

“Selain itu, 5 hal budaya mutu perlu dievaluasi dan dirumuskan sesuai visi misi madrasah, jangan hanya copy paste dari madrasah lain krn madrasah mempunyai ciri khas sesuai dengan talenta,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kemenag memberi semangat yang luar biasa kepada madrasah untuk menjadi hebat dan bermartabat.
Rujukan dalam peningkatan mutu ada regulasinya, yakni permendikbud nomor 28 Tahun 2016.

“Dalam kenyataan sekarang ini madrasah lebih unggul daripada sekolah,” ujarnya.

Selanjutnya, dalam kesempatan ini, Sahid berpesan, untuk terus waspada dan menjaga protokol kesehatan minimal melakukan 3M. Seperti memakai masker dengan benar, mencuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak aman.

“Karena sampai saat ini pembelajaran belum diijinkan untuk tatap muka, maka harus preventif pola hidup harus adaptif,” pungkas pria humoris tersebut.

Diketahui, dalam giat yang yang dijadwalkan berlangsung selama 5 hari, diikuti oleh 78 orang dari 13 madrasah, di tiap madrasah diwakili 3 orang yakni Kepala Madrasah, Bendahara dan Operator yang di bagi dalam dua rombongan belajar. Dengan menghadirkan narasumber 3 orang tim TIK (Tim Inti Kabupaten).(Sal/And/Red)


Like it? Share with your friends!

66

What's Your Reaction?

hate hate
900
hate
confused confused
500
confused
fail fail
200
fail
fun fun
100
fun
geeky geeky
1000
geeky
love love
700
love
lol lol
800
lol
omg omg
500
omg
win win
200
win
Suara Data Network
assalamualaikum

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *