Wisuda Daring, Rektor Sampaikan Capaian Prestasi Unirow Tuban Tingkat Kabupaten Hingga Nasional


100

Reporter: Nursalam

TUBAN, SUARADATA.com-Rektor Universitas PGRI Ronggolawe (UNIROW) Tuban, Prof. Dr. Supiana Dian Nurtjahyani,M.Kes mewisuda sebanyak 603 Wisudawan dan wisudawati sarjana strata satu dari 5 Fakultas dan 16 Program Studi, Sabtu (23/01/2021).

Berbeda dengan sebelumnya, prosesi wisuda yang ke-XVIII yang mengusung tema “Pengembangan Kapasitas Kompetensi Lulusan Melalui Inovasi, kreatifitas dan kemitraan Untuk Mewujudkan Universitas PGRI Ronggolawe Sebagai Pelopor Kampus Merdeka” digelar secara online karena dilaksanakan era pandemi Covid-19.

Saat mewisuda, Rektor Unirow Prof. Dian Sapaan akrabnya menyampaikan, berbagai prestasi yang sudah dicapai oleh Unirow Tuban. Prestasi yang diraih oleh Unirow Tuban dalam bidang akademik maupun akademik.

Beberapa prestasi Unirow Tuban adalah kenaikan peringkat Unirow Tuban se-Nasional, Penghargaan dari LLDIKTI Wilayah VII tentang Percepatan Kampus yang terstruktur dan konsisten.

“Tahun 2020 Peringkat Unirow mengalami kenaikan yang sangat signifikan, dari peringkat 173 menjadi 154 dari 2.136 Perguruan Tinggi Se Indonesia,” ucapnya saat memberikan sambutan.

Selain itu, tahun 2020 Unirow juga membuka Progam Magister Pendidikan Biologi dan Progam Magister Pendidikan Dasar, Institusi Unirow Tuban yang sudah terakreditasi B oleh BAN-PT. Mulai dari tahun 2019 Unirow dipercaya sebagai Lembaga Penyelenggara Diklat (LPD) untuk Kelapa Sekolah, Kepercayaan dari Pemkab, BUMN, Bank Jatim Tuban,  PT Semen Indonesia, PTN , PT BHMN, dan masyarakat  terhadap Unirow.

“Mulai tahun 2017 terus meningkat mulai dari kerjasama riset, pengabdian pada masyarakat, Tim pembuatan soal pengisian jabatan perangkat desa di kecamatan Bojonegoro, pendampingan, nara sumber workshop dan pelatihan, nara sumber seminar, juri karya ilmiah,” tambahnya.

Menurut Prof Dian, selain prestasi di atas pada tahun 2020 Unirow juga ada peningkatan prestasi dibidang penelitian. Kemudian, pengabdian kepada masyarakat, PKM, dan HAKI Unirow mendapat dana hibah dari DRPM Dikti dan klaster Lembaga Penelitian Unirow termasuk klaster utama.

“Dari segi mahasiswa juga tidak kalah, banyak prestasi yang di raih mulai dari Juara Harapan 1 Lomba Penulisan Naskah Lakon Peksiminas XIV di Yogjakarta,” ungkap Profesor Perempuan tersebut.

Ada juga yang menjadi juara I dan II tangkai lomba penulisan lakon Peksimida Jatim, juara II tangkai lomba penulisan cerpen Peksimida Jatim. Lalu juara harapan II lomba penulisan puisi Peksimida Jatim, juara harapan 1 lomba penulisan lakon dalam lomba seni sastra online tingkat Nasional diselenggarakan oleh Universitas Brawijaya.

Juara harapan 1 tangkai lomba lagu keroncong Peksimida Jatim, juara Harapan II tangkai lomba lagu POP Peksimida Jatim, juara 1 Karateka Se-Jawa Bali, finalis lomba gagasan tertulis dan poster LLDIKTI VII, kuara harapan 3 duta antinarkoba Provinsi Jatim, Juara 1 pertandingan karate beregu tingkat Jatim.

Penulis cerpen terbaik jejak publisher, juara 3 lomba cipta dan baca puisi ICEFF tingkat Nasional, juara 1 pertandingan pencak silat tingkat Nasional, juara 3 lomba panjat rebing tingkat Nasional, juara favorit duta pemuda Kabupaten Tuban, Juara Duta Pemuda Tingkat Kabupaten Tuban dan Juara II Nduk Kabupaten Tuban.

Capaian prestasi yang banyak ini pihaknya berharap agar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Khususnya masyarakat Tuban dan ikut ambil peran dalam mengisi pembangunan di Tuban menuju Tuban Sejahtera. Selain itu, untuk membangun Unirow menuju tata kelola perguruan tinggi yang bermutu. Sehingga, budaya mutu harus menjiwai di setiap kegiatan yang dilakukan oleh semua civitas akademika Unirow.

“Kami berharap Unirow dapat memberikan manfaat dan ambil peran dalam kemajuan Tuban,” Harap Profesor Perempuan tersebut,” harapnya.

Dalam hal ini, pihaknya atas nama pimpinan menyampaikan permohonan maaf kepada para orang tua wisudawan dan wisudawati yang tidak bisa mendampingi putra-putrinya wisuda secara langsung. Wisuda daring ini untuk menaati protokol kesehatan dan demi menjaga keselamatan, kesehatan dan keamanan kita semua.

“Kami selaku pimpinan universitas menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya pada orang tua wisudawan dan wisudawati,” timpalnya.

Sementara itu, Ketua LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur Prof. Ir. Soeprapto, DEA menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Kemajuan Unirow Tuban. Pihaknya berharap semoga Unirow menjadi Perguruan Tinggi yang terus berkontribusi terhadap kemajuan bangsa dalam bidang Pendidikan.

“Unirow menjadi perguruan tinggi yang bagus dan menjadi Kebanggaan di Jawa Timur dan di Indonesia,” apresiasi Prof Prapto sapaan akrabnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Ketua PGRI Provinsi Jawa Timur Drs. H. Teguh Sumarno, MM, juga mengapresiasi Unirow Tuban dalam membangun komitmen bidang Pendidikan dan juga kemajuan Unirow di Bawah Kepemimpinan Rektor Perempuan yang sudah sesuai dengan nilai perjuangan PGRI.

“Unirow Luar biasa dalam membangun Komitmen di bawah kepemimpinan Rektor Perempuan,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama perwakilan Wisudawan-Wisudawati Sri Lestari dalam sambutannya menyampaikan, kebanggaan pada Almamater Unirow Tuban atas kesan positif yang sudah diberikan, semoga Unirow selalu menjadi perguruan tinggi terbaik dan perguruan tinggi terfavorit di masanya.

“Semoga Unirow Tuban selalu menjadi yang terbaik dan menjadi salah satu perguruan tinggi favorit,” harapnya.(Sal/And/Red)


Like it? Share with your friends!

100

What's Your Reaction?

hate hate
200
hate
confused confused
800
confused
fail fail
500
fail
fun fun
400
fun
geeky geeky
300
geeky
love love
1000
love
lol lol
100
lol
omg omg
800
omg
win win
500
win
Suara Data Network
assalamualaikum

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *