Di Tuban Ada Wisata Air Panas Sekaligus Terapi Fish Pedicure, Yuk Dicoba!


81
Suasana kolam terapi ikan mangut di Wisata Prataan Tuban.

Reporter : Royvi Novriansyah

TUBAN, SUARADATA com-Bagi wisatawan yang menyukai wisata alam sebaiknya disarankan untuk mencoba lokasi wisata satu ini.

Ingin tahu? Yuk Disemak.

Oh iya, kini Pengelola objek wisata air panas Prataan di Desa Wukiharjo, Kabupaten Tuban, Jawa Timur tak hanya menyiapkan kolam rendam air panas. Akan tetapi, juga menyiapkan ikan terapi nilem mangut (Osteochilus vittatus).

Ikan nilem atau melem yaitu sejenis ikan air tawar yang termasuk dalam suku Cyprinidae. yang berasal dari Ciamis, Jawa Barat.

Koordinator Objek Wisata Prataan Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Tuban, Dharmuka, menjelaskan, ikan jenis Nilem Mangut yang didatangkan dari Ciamis tersebut memiliki banyak khasiat. Diantaranya, untuk menghilangkan jaringan kulit mati, menghaluskan kulit, melancarkan peredaran darah dan mencegah tumbuhnya sel liar.

Selain itu, juga menghilangkan kulit pecah pecah, menghilangkan stress, meningkatkan fungsi syaraf, menghilangkan pegal-pegal, dan menghilangkan tumpukan lemak. Bahkan, disisi lain bisa merangsang simpul-simpul syaraf yang melemah. Sehingga, menjadi sensitif kembali yang pada akhirnya dapat menyembuhkan suatu penyakit.

“Ikan-ikan ini bisa mengobati beberapa penyakit, melancarkan sirkulasi darah sehingga kita bisa tidur dengan nyenyak,” ucapnya saat ditemui di lokasi wisata, Minggu (13/6/2021).

Menurut dia, ikan nilem adalah jenis ikan herbivora dengan ukuran seekor ikan dewasa memiliki panjang tubuh 10-15 centimeter. Persebaran ikan ini meliputi Tonkin, Siam, Semenanjung Malaya, Kalimantan, Sumatra, dan Jawa ini. Sedangkan, sekarang ikan ini diletakkan di sebuah kolam dengan ukuran 10 X 5,5 meter jauh lebih lebar dibandingkan lokasi kolam ikan Nilem Mangut yang pertama.

“Untuk tarif masuk lokasi wisata kami mematok tiket 15.000 rupiah, sedangkan untuk terapi ikan hanya 5000 rupiah,” ujarnya.

Lebih lanjut Darmuka menjelaskan, lokasi wisata Prataan berada di areal seluas 5 hektare. Lokasinya sekitar 23 kilometer dari Kota Bojonegoro dan berjarak sekitar 60 kilometer dari Kota Tuban.

Selain menyediakan tempat berendam air panas dan ikan nilem, Wisata Prataan juga dilengkapi dengan flying fox dengan panjang 100 meter. Kemudian, “outbound”, lokasi swafoto tulisan Prataan dan payung serta kebun binatang mini.

Selanjutnya, memiliki fasilitas 11 kamar mandi air hangat dengan sebuah kolam air hangat berukuran 3 X 5 meter. Berupa kolam renang dengan ukuran 20 X 25 meter berkedalaman 1 hingga 3 meter dan dua kolam anak-anak dengan ukuran masing-masing 7,5 X 8 meter.

“Pengunjung yang datang selain bisa menikmati fish pedicure, sebagian besar datang untuk terapi dengan berendam air panas, baik di kamar mandi atau di kolam air panas,” tambah Dharmuka.

Menurut Ummah, salah satu pengunjung asal Gresik mengatakan, bahwa lokasi wisata Prataan ini sangat nyaman dikunjungi untuk berlibur bersama keluarga sembari menikmati terapi kaki.

“Rasanya awalnya geli, namun lama kelamaan terbiasa dan sepertinya ikan ini memakan lapisan kulit ari yang mati pada permukaan kaki,” pungkasnya.(Roy/And/Red)


Like it? Share with your friends!

81

What's Your Reaction?

hate hate
1000
hate
confused confused
600
confused
fail fail
300
fail
fun fun
201
fun
geeky geeky
100
geeky
love love
800
love
lol lol
900
lol
omg omg
600
omg
win win
300
win
Suara Data Network
assalamualaikum

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *