Pasien Positif Covid-19 di Tuban Terus Bertambah

TUBAN, SUARADATA.com-Kasus terkonfirmasi positif virus corona atau covid-19 di Kabupaten Tuban bertambah menjadi dua orang. Hal tersebut dibuktikannya dari hasil tes swab yang dikeluarkan oleh Balitbangkes Kementerian Kesehatan, Minggu (10/5/2020).

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Komariyati, saat di konfirmasi membenarkan tentang kabar ini. Dari hasil Tes swab yang dikeluarkan oleh Balitbangkes Kementerian Kesehatan ada penambahan dua lagi kasus confirm positif covid-19 di Kabupaten Tuban.

“Benar, di Kabupaten Tuban ada penambahan lagi dua kasus confirm positif Covid-19, jadi secara kumulatif saat ini ada sebelas orang yang terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Tuban,” ungkapya.

Lebih lanjut Endah menjelaskan, dua pasien yang terkonfirmasi positif adalah perempuan usia 26 tahun asal Kecamatan Montong yang sebelumnya berstatus PDP dan di rawat di RSUD Dr. Soetomo Surabaya sehabis melahirkan. Setelah melewati perawatan dan diperbolehkan pulang, statusnya menjadi PDP sembuh. Tetapi dari hasil Swab yang keluar hari ini, ternyata terkonfirmasi Positif. Sehingga, akan dilaksanakan perawatan dan isolasi di RS Medika Mulia Tuban sampai benar-benar dinyatakan negatif covid-19.

“Pasien pertama perempuan usia 26 tahun asal Kecamatan Montong yang sebelumnya berstatus PDP dan di rawat di RSUD Dr. Soetomo Surabaya sehabis melahirkan,” tuturnya.

Sementara itu, untuk kasus confirm positif kedua adalah perempuan 29 Tahun dari Kecamatan Tambakboyo, dari hasil pelacakan diduga berasal dari keluarga yang saat dilaksanakan rapid tes hasilnya reaktif positif.

“Yang bersangkutan juga akan di rawat dan diisolasi di RS Medika Mulia Tuban.” imbuhnya.

Menanggapi bertambahnya kasus confirm positif baru ini, Endah Nurul mengajak semua masyarakat untuk semakin meningkatkan kewaspadaan. Tetap di rumah jika tidak ada keperluan yang penting. Namun, jika tetap berperkegiatan di luar rumah harus tetap menerapkan physical distancing. Selain itu, disiplin menggunakan masker serta cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sesering mungkin.

“Saya harapkan masyarakat untuk semakin meningkatkan kewaspadaan terkait adanya kasus confirm positif baru ini,” harapnya.

Berdasarkan data peta sebaran Covid-19 Kabupaten Tuban, per-(10/5/2020) jumlah kumulatif ODP sebanyak 595 orang. Rinciannya sebanyak 469 orang selesai pemantauan dan 126 orang masih dalam pemantauan.

Selain itu, untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 35 orang. Dari jumlah tersebut tercatat 13 orang sembuh; 7 orang meninggal dunia; dan sisanya yang masih dalam pengawasan sebanyak 15 orang.

Sedangkan, untuk orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 sejumlah 11 orang, terdiri dari 1 orang sembuh; 2 orang meninggal dunia; dan 8 orang dalam perawatan.(Sal/And/Red)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top