Resahkan Warga, Sarang Tawon Ndas Dimusnahkan BPBD

TUBAN, SUARADATA.com-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban kembali melakukan upaya evakuasi sarang lebah atau Tawon Ndas (Vespa Affinis) yang berada di Kelurahan Gedungombo, Kecamatan Semanding, tepatnya di jalan Muhammad Yamin 9 A, Kamis, (28/5/2020).

Sarang tawon berukuran besar dengan diameter 50 cm berada di pohon mangga depan rumah milik Suharto (70). Evakuasi ini dilakukan lantaran selama ini keberadaannya sangat mengganggu dan meresahkan warga sekitar.

“Evakuasi ini menindak lanjuti laporan warga bahwa ada sarang Tawon Ndas yang sangat membahayakan warga, sarang tawon itu berada di tengah-tengah pemukiman,” terang Kalaksa BPBD Tuban Yudi Irwanto kepada wartawan.

Lebih lanjut Yudi memaparkan, dalam evakuasi itu petugas melakukannya dengan metode pembakaran atau penyemprotan api. Kemudian, dilakukan pembasahan atau mensterilkan area dengan menyemprotkan cairan khusus yang sudah di siapkan di dalam mobil tangki.

Sebelum evakuasi itu dilakukan, tim BPBD Tuban yang mengerahkan satu unit Damkar itu melakukan observasi terlebih dahulu. Lalu menyuruh warga sekitar untuk masuk kedalam rumah atau mencari tempat yang aman agar tim bisa mengeksekusi rumah tawon.

“Alhamdulillah evakuasi ini berjalan dengan lancar dan aman,” pungkasnya.(Sal/And/Red) 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top