Bupati Tuban Targetkan Optimalisasi SDA dan SDM

Bupati menyerahkan penghargaan.

Reporter: Nursalam

TUBAN, SUARADATA.com-Meski digelar ditengah Pandemi Covid-19, tidak mengurangi khidmat Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-75 yang disiarkan secara virtual langsung dari Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (17/8/2020).

Termasuk di Pendopo Krido Manunggal Tuban, Bupati Tuban, H. Fathul Huda dan Wabup Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussain, M.S.i, serta Forkopimda Tuban mengikuti upacara kenegaraan tersebut secara daring dengan penuh khidmat dan mengikuti prokotol kesehatan.

Pada kesempatan itu, Bupati Tuban, H. Fathul Huda menyampaikan, peringatan HUT RI sebagai wujud refleksi perjuangan kemerdekaan. Perjuangan TNI, Polri, tokoh agama dan masyarakat terdahulu telah mengorbankan jiwa, raga, dan harta demi tegaknya NKRI.

“Peringatan ini harus disyukuri dengan mengisi kemerdekaan. Salah satunya berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat kabupaten Tuban,” ujar Fathul Huda.

Guna mendukung peningkatan kesejahteraan, lanjut Bupati, perlu dioptimalkan potensi sumber daya alam (SDA) dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Potensi alam kabupaten Tuban sangat melimpah, namun kurang dapat dioptimalkan karena SDM belum siap.

“Pembangunan yang imbang akan mewujudkan kesejahteraan yang dimaksud,” timpalnya.

Bupati Tuban menjelaskan, sektor pertanian dapat dioptimalkan berupa menekan biaya produksi dengan membuat jalan usaha tani, memaksimalkan sumber air, pemanfaatan teknologi pertanian. Kabupaten Tuban juga memiliki luas tanam menjadi 3 kali lipat dan surplus padi dan jagung tiap tahunnya meningkat.

Di samping itu, sektor kesehatan terus didorong melalui program BPJS Daerah dan SKTM Daerah. Hasilnya, usia harapan hidup masyarakat kabupaten Tuban naik menjadi 71 tahun dan angka stunting dibawah standar nasional.

“Pemkab Tuban juga mempermudah ijin usaha dan investasi. Mulai tahun 2021, kurang lebih 300 triliun rupiah investasi akan masuk di kabupaten Tuban,” paparnya.(Sal/And/Red)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top