Minimalisir Dampak Kekeringan, Pemkab Tuban Akan Manfaatkan Sungai Bengawan Solo

Reporter: Nursalam

TUBAN, SUARADATA.com-Guna meminimalisir dampak kekeringan di musim kemarau, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban ingin memanfaatkan anak sungai Bengawan Solo. Hal tersebut diungkapkan Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky setelah menggelar rapat Paripurna di gedung DPRD Tuban.

“Kemarin sudah saya godok terkait penanganan kekeringan dan saya sudah sidak di beberapa titik, salah satunya saya ingin memanfaatkan anak Bengawan Solo untuk kita alirkan,” ungkapnya, Jum’at (24/7/2021).

Lebih lanjut ia mengatakan, selain memanfaatkan anak Bengawan Solo Pemkab juga akan mencari titik-titik sumber mata air. Lalu melakukan penanaman pohon secara terus menerus yang bekerjasama dengan pihak Perhutani.

“Ini sekarang sudah sudah kita proses, mulai dari DAS Bengawan Solo dan juga penanaman di sumber mata air,” tambahnya.

Dalam hal ini, pihaknya juga meminta tolong ke PDAM untuk segera membuat konsep. Sehingga masalah kekeringan di Kabupaten Tuban bisa diminimalisir.

“Saya berharap semoga akhir tahun ini kita bisa sedikit untuk melakukan perubahan-perubahan itu, mohon doanya seluruh masyarakat Kabupaten Tuban,” harapnya.

Tak hanya membuat konsep, Bupati juga memerintahkan PDAM untuk menyiapkan segala infrastruktur kedepannya. Dengan begitu, persoalan kekeringan di Tuban bukan hanya penyelesaian sesat saja tetapi bisa seterusnya.

“Bukan hanya penyelesaian sesat. Tetapi, bisa seterusnya bisa dimanfaatkan dan kekeringan bisa diatasi,” pungkasnya.(Sal/And/Red)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top