Cegah Kanker Serviks, DWP Kemenag Tuban Lakukan Tes IVA dan Sadanis


72
DPW Kemenag Tuban saat mendengarkan arah dri Kepala Kemenag, sebelum melakukan tes IVA dan Sadanis.

Reporter:Nursalam

TUBAN, SUARADATA.com-Sebagai langkah untuk mendeteksi dan mencegah kanker serviks dan payudara, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Tuban, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas melakukan tes Infeksi Visual Asam asetat (IVA), deteksi dini kanker serviks dan payudara (Sadanis), Rabu (10/8/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan di 18 titik puskesmas yang ada di Kabupaten Tuban ini, diikuti sebanyak 148 anggota DWP Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban.

Kepala Kemenag Tuban, Ahmad Munir, saat memantau secara langsung di puskesmas Kecamatan Tuban dan puskesmas Prambon Wetan, Kecamatan Rengel, mengucapkan terimakasih kepada Dinas Kesehatan dan Puskesmas se-Kabupaten Tuban atas kerjasamanya, hal ini menunjukkan kekompakan untuk menggelar tes IVA dan Sadanis.

“H.al ini menunjukkan kita satu barisan, kompak untuk mengikuti program tes IVA dan Sadanis secara gratis untuk anggota DWP Kemenag Tuban dan warga Kemenag,” ungkapnya.

Menurutnya, seorang ibu harus menjadi orang yang sehat dan tangguh karena semua muara kepada ibu, kalau ibu sehat dan kuat maka negara juga akan kuat.

Pria melek IT ini semangat menceritakan peserta tes IVA dan Sadanis Gratis di Jawa Timur mencapai angka sekitar 3.586 peserta.

“Insyaallah peserta Jawa Timur ini terbesar di Indonesia, semoga upaya yang kita lakukan mendapatkan balasan yang setimpal,” imbuhnya.

Sementara itu, perwakilan dari Dinas Kesehatan, S.A. Ratna Sari mengucapkan syukur karena antar kementerian sudah saling dukung dan support program. Oleh karena itu, pihaknya berharap agar upaya ini bisa berkesinambungan

“Kami berharap DWP Kemenag Tuban bisa mengajak dan memberikan pemahaman untuk mencegah sedini mungkin kanker serviks, bukan hanya kepada anggota DWP namun juga kepada masyarakat luas,” pintanya.

Ia mengaku kegiatan ini sangat bermanfaat bagi puskesmas karena puskesmas sendiri selalu mencari target sasaran, dan ini merupakan terobosan yang sangat bagus.

“Ini merupakan terobosan yang sangat bagus untuk mendeteksi dan mencegah kanker serviks dan payudara,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan Test IVA dan Sadanis ini digelar di 18 titik yang tersebar di seluruh kecamatan Kabupaten Tuban. Untuk kota Tuban dipusatkan di Puskesmas Tuban, dengan peserta sekitar 27 orang.(Sal/And/Red)


Like it? Share with your friends!

72

What's Your Reaction?

hate hate
900
hate
confused confused
500
confused
fail fail
200
fail
fun fun
100
fun
geeky geeky
1000
geeky
love love
700
love
lol lol
800
lol
omg omg
500
omg
win win
200
win
Suara Data Network
assalamualaikum

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.