Pemberdayaan WBP, Lapas Tuban Produksi Minyak Kayu Putih


61
WBP dan Petugas Lapas saat melakukan penyulingan Dau minyak kayu putih.

Reporter: Nursalam

TUBAN, SUARADATA.com-Dalam rangka pemberdayaan dan pelatihan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Lapas Kelas IIB Tuban kembali menyuling daun kayu putih
sebanyak satu ton.

Tujuannya, untuk dijadikan minyak kayu putih di kawasan Wahana Asimilasi Edukasi yang ada di BKPH Merakurak, KPH Tuban.

Penyulingan yang melibatkan 3 orang petugas dan 3 orang narapidana dengan dipantau langsung oleh Kalapas Tuban Siswarno, Jumat (18/6/2021).

Siswarno mengatakan, kegiatan tersebut untuk pemberdayaan dan pelatihan Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Tuban yang ditempatkan di kawasan Wahana Asimilasi Edukasi yang ada di BKPH Merakurak, KPH Tuban.

“Kami mendapat bantuan berupa bahan baku daun kayu putih sebanyak satu ton dari Perhutani, selanjutnya langsung kami suling disini,” ungkapnya.

Ayah dua anak tersebut menuturkan, dalam proses penyulingan dibagi menjadi dua tahap. Yaitu penyulingan pertama dan kedua yang masing-masing dengan bahan baku 500 kilogram. Lalu setiap 1.000 kilogram bahan baku menghasilkan 5 liter minyak kayu putih murni, bukan yang campur dan dijual di pasaran.

“Dari satu ton atau 1000 kilogram bahan baku menghasilkan 5 liter minyak kayu putih. Dan selanjutnya akan kami kemas dan kita jual,” paparnya.(Sal/And/Red)


Like it? Share with your friends!

61

What's Your Reaction?

hate hate
900
hate
confused confused
500
confused
fail fail
200
fail
fun fun
100
fun
geeky geeky
1000
geeky
love love
700
love
lol lol
800
lol
omg omg
500
omg
win win
200
win
Suara Data Network
assalamualaikum

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *