Qoryah Sakinah Binaan Kemenag Kini Jadi Kampung Tematik Kota Malang


74
Kepala Kantor Kemenag Kota Malang, Dr Muhtar Hazawawi, M.Ag. foto : Afd

MALANG, SUARADATA.com-Keberadaan kampung Qoryah Sakinah di RW 7 Kelurahan Tanjungrejo, Sukun Kota Malang yang dibentuk pqda 2019 lalu, kini menjadi salah satu bagian dari kampung tematik di Kota Malang.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Kantor Kementerian agama (Kemenag) Kota Malang Dr Muhtar Hazawawi, M.Ag. ia menilai, bahwa progresnya terus berkembang positif dalam perjalanannya.

Kepala Kantor Kemenag Kota Malang, Dr Muhtar Hazawawi, M.Ag menjelaskan, kehadiran kampung Qoryah Sakinah telah merubah pola kehidupan masyarakat setempat. Meliputi pendidikan, ekonomi, agama serta sosial kemasyarakatan. Selanjutnya, kini lebih tertata dan terarahkan serta terkomunikasikan untuk di masyarakatnya.

“Dimana sebelumnya, kampung sana (RW 7) secara kehidupan kurang dari sentuhan atau bimbingan. Sehingga secara pendidikan, ekonomi atau agama maupun sosial kemasyarakatannya mayoritas sangat minim sekali wawasannya,” jelas Muhtar, Senin (28/6/2021).

Lebih jauh Muhtar menuturkan, kampung ini dapat dorongan dan dukungan 4 program dari Kemenag Kota Malang. Diantaranya, pemberdayaan masyarakat Kampung Qoryah Sakinah menjadi kader agama melalui pendidikan menuju taraf hidup lebih maju. Sehingga, melibatkan peranan madrasah, kampus serta lainnya.

Muhtar sempat menyebutkan, ada dua contoh yang sudah berjalan di Kampung Qoryah Sakinah dari sisi pendidikan. Seperti pendirian Roudothul Athfal (RA) setingkat taman kanak-kanak (TK). Dari pembinaan keagaaman, telah dibentuk majelis ta’lim atau tempat pengajian quran (TPQ) anak-anak.

“Berikutnya, kader moderasi beragama melalui pembangunan umat beragama yang senantiasa guyub rukun berdampingan dengan agama lain secara umum sosial kemasyarakatan. Ketiga, mewujudkan keluarga harmoni melalui penertiban administrasi kependudukan plus pernikahan resmi tercatat sah oleh UU negara,” tutur Muhtar.

Keempat, memberdayakan masyarakat lebih ekonomi produktif. Terlebih, menuju kehidupan ekonomi keluarga lebih sejahtera dari sebelumnya dengan menggandeng Baznas dan lembaga zakat lainnya.

Menurut Muhtar, semuanya itu mesti dilaksanakan dengan berkelanjutan dan berkesinambungan sekaligus dukungan dari stakeholder di Kota Malang. Diyakini harkat dan martabat serta kesejahteraan warga Kampung Qoryah Sakinah akan lebih mapan nantinya.

“Untuk itu, pada hari ini dilakukan evaluasi dan peningkatan bersama lewat rapat program kerja Qoryah Sakinah tahun 2021, bertempat di Pemkot Malang. Mengingat, Kampung Qoryah Sakinah sudah masuk listing dari kampung tematik di Kota Malang,” pungkasnya.

Turut hadir dalam rapat program kerja Qoryah Sakinah tahun 2021 adalah Baznas Kota Malang bersama perwakilan lembaga zakat swasta lainnya. Serta Kesra Setda setempat maupun jajaran Kemenag seperti madrasah dan kantor urusan agama (KUA) yang diikuti sekitar 50 undangan.(Afd/And/Red)


Like it? Share with your friends!

74

What's Your Reaction?

hate hate
100
hate
confused confused
700
confused
fail fail
400
fail
fun fun
300
fun
geeky geeky
200
geeky
love love
901
love
lol lol
1000
lol
omg omg
700
omg
win win
400
win
Suara Data Network
assalamualaikum

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.