Pemudik Antar Kota Jalani Swab Antigen di Perbatasan Jatim-Jateng


70
Salah satu pemudik saat di tes swab anti gen di pos penyekatan perbatasan Jatim-Jateng.

Reporter: Nursalam

TUBAN, SUARADATA.com-Sebelum memasuki Provinsi Jawa Timur, para pemudik roda empat maupun roda dua dari arah Jawa Tengah ataupun sebaliknya diminta untuk menjalani Test Swab Antigen.

Tes itu dilakukan petugas di pos penyekatan Jateng-Jatim yang berada di Desa Sukolilo, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban, Selasa (20/7/2021) Siang.

Pemeriksaan tersebut dilakukan sebagai upaya menekan lonjakan kasus Covid-19 pasca perayaan Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 Masehi.

“Pemeriksaan kepada masyarakat yang melintas, yang diindikasikan tidak memiliki kelengkapan jalan seperti, rapid test maupun kartu vaksin maka langsung dilakukan test swab anti gen,” kata Komandan Koramil (Danramil) 0811/12 Bancar, Kapten Arm Endri Prihantono saat memimpin kegiatan di Pos Penyekatan Perbatasan Jateng-Jatim.

Menurutnya, kebanyakan pemudik yang terjaring berasal dari Jawa Timur dan akan pulang ke kampung halamannya. Seluruh pemudik harus dipastikan bebas Covid-19 sebelum melanjutkan perjalanan.

“Sebelum masuk Jawa Timur pemudik harus dipastikan bebas Covid-19 sebelum melanjutkan perjalanan,” tegasnya.

Dalam penyekatan, ada sekitar 20 petugas gabungan yang bersiaga di sejumlah titik penyekatan. Para pemudik yang melintas dihentikan untuk kemudian menjalani Test Swab Antigen. Pemudik yang dinyatakan negatif Covid-19 diperbolehkan kembali melintas ke tempat tujuan.

“Hari ini belum ada pemudik yang menunjukkan hasil Test Swab Antigen positif Covid-19,” ujarnya.

Sementara itu, Sukarman salah salah satu pemudik asal Gersik Jawa Timur yang akan menuju ke kampung halamannya, setelah menjalani Test Swab Antigen menuturkan, dirinya bebas Covid-19. Ia pun merasa lega karena diperbolehkan melanjutkan perjalanan kembali.

“Hasilnya negatif Covid-19, jadi saya bisa lanjut ke Jawa Timur,” tuturnya.(Sal/And/Red)


Like it? Share with your friends!

70
Suara Data Network
assalamualaikum

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *