Masyarakat Tuban Diminta Waspada Terhadap Bencana


54

Tuban-Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Husein mengingatkan untuk mewaspadai potensi bencana yang muncul, diantaranya fenomena hujan lebat, tanah longsor dan angin puting beliung.

“Memasuki puncak musim penghujan pada Pebruari hingga Maret mendatang. Fenomena itu disebut dengan faktor hydrometeorology,” ujar Noor Nahar Husein Kamis (17/1).

Tercatat 2 bulan terakhir terjadi beberapa kejadian antara lain kebakaran, angin puting beliung dan tanah longsor. Oleh sebab itu, diperlukan upaya untuk mengurangi resiko resiko bencana yang ada. Bahkan, saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban telah melaksanakan beberapa upaya mitigasi. Mislanya, pembentukan Destana, sekolah/madrasah aman bencana, pembentukan Sekber relawan di masing-masing kecamatan.

“Upaya tersebut memiliki pengaruh yang besar dalam Pengurangan Resiko Bencana (PRB),” terangnya.

Di samping itu, konsep yang diusung BPBD Tuban berupa Harmony With Disaster menjadi upaya guna mengurangi resiko bencana bagi masyarakat. Selain itu, saat ini telah terdeteksi peta ancaman bencana di Kabupaten Tuban. Yakni potensi gempa dengan 2 pemicu Cesar Kendeng dan Cesar Rembang. Untik itu BPBD telah menyiapkan Early Warning System guna membantu memberikan peringatan dini kepada masyarakat.

“Diharapkan menjadi konsep yang dikembangkan BPBD menjadi budaya dan keharusan bagi masyarakat dalam mengurangi resiko bencana secara terus menerus dan rutin,” bebernya.(Gn)


Like it? Share with your friends!

54

What's Your Reaction?

hate hate
300
hate
confused confused
900
confused
fail fail
600
fail
fun fun
500
fun
geeky geeky
400
geeky
love love
100
love
lol lol
200
lol
omg omg
900
omg
win win
600
win
Suara Data Network
assalamualaikum

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *