Ramai-ramai Bersihkan Sampah di Pantai Cemara Tuban


57
Ramai-ramai bersihkan sampah di Pantai Cemara Sugihwaras, Kabupaten Tuban.

Reporter : Royvi Novriansyah

TUBAN, SUARADATA.com-Pantai Cemara yang berada Jalan Raya Tuban – Semarang, Jabung, Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban Jawa Timur merupakan salah satu objek wisata yang terkenal di Bumi Wali sebutan Kabupaten Tuban.

Tingginya angka kunjungan wisatawan setiap hari terutama pada saat musim liburan, membuat pantai terlihat penuh dan sesak. Pasalnya, yang datang bukan hanya warga lokal Tuban saja, melainkan wisatawan dari kota-kota lainnya.

Tentu saja dengan banyaknya wisatawan berkunjung, membuat permasalahan sampah tidak dapat dihindari. Mengingat hal itu membuat puluhan remaja tergerak untuk menggelar bakti sosial (Baksos) di sepanjang Pantai Cemara, pada Minggu (4/4/2021).

Ketua pelaksana Dimas Bagus Pandirian mengatakan, kegiatan ini memberikan pemahaman secara menyeluruh kepada masyarakat. Terutama, yang bermukim di sekitar kawasan wisata pantai cemara. Betapa pentingnya menjaga kebersihan pantai dan kelestarian ekosistemnya.

“Kita sebagai tenaga kesehatan kita juga memiliki prinsip bahwa Lingkungan merupakan obyek pertama yang mempengaruhi kesehatan masyarakat,” bebernya.

Selanjutnya Dimas menjelaskan, baksos yang digelar oleh mahasiswa Institut Ilmu Kesehatan Nahdlatul Ulama (IIKNU) Tuban bersama Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK R) dan Menwa ini diikuti oleh 76 personil. Bahkan, berkolaborasi dengan komunitas Pecinta Alam SMK TJP Tuban, Universitas Sunan Bonang, SMK Negeri 1 Tuban, Universitas Terbuka dan IAINU.

“Kegiatan ini akan terus berlanjut karena program seperti ini sangat berdampak bagi masyarakat. Terutama untuk membangkitkan rasa perduli masyarakat terhadap lingkungan terutama di pesisir pantai,” ujarnya.

Dimas juga berharap, dengan agenda baksos ini seorang remaja (Mahasiswa) dapat menumbuhkan rasa kepedulian terhadap lingkungan. Selebihnya bisa memberi contoh kepada orang-orang disekitar. Terlebih, bagi masyarakat di sekeliling pantai dan para wisatawan yang berkunjung.

“Semoga hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah masyarakat semakin memiliki rasa perduli lingkungan yang tinggi,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Cemara Sugihwaras Ahmad Arief mengapresiasi, kegiatan baksos bersih pantai yang lakukan para mahasiswa tersebut.

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih sekali kepada para mahasiswa yang sudah perduli dengan kebersihan dan kelestarian ekosistem pantai Cemara Sugihwaras ini,” ungkapnya.

Menurut Arief, pengelola objek wisata Pantai Cemara Sugihwaras masih sangat butuh support atau dukungan dari berbagai kalangan. Karena untuk meningkatkan kebersihan lingkungan dan menjaga ekosistem pesisir pantai.

“Untuk edukasi lingkungan, kami juga sangat ingin membuka diri dan bekerjasama dengan para akademisi untuk sama-sama belajar untuk peduli akan pentingnya kebersihan pantai kita,” pungkasnya.(Roy/And/Red)


Like it? Share with your friends!

57

What's Your Reaction?

hate hate
200
hate
confused confused
800
confused
fail fail
500
fail
fun fun
400
fun
geeky geeky
300
geeky
love love
1000
love
lol lol
100
lol
omg omg
800
omg
win win
500
win
Suara Data Network
assalamualaikum

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *