Tak Ada Gugatan, KPU Tetapkan Pasangan Lindra-Riyadi Sebagai Pemenang Pilkada Tuban


88
Rapat pleno penetapan paslon terpilih hasil Pilkada 2020 di KPU Tuban. Pada pleno tersebut, Aditya Halindra Faridzky-Riyadi (DaDi) ditetapkan sebagai paslon terpilih.

TUBAN, SUARADATA.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban resmi menetapkan pasangan Bupati dan wakil Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky-Riyadi (DaDi) sebagai pemenang Pilkada Tuban 2020 dalam rapat pleno terbuka terbatas di Grand Javanila, Jumat (22/1/2021).

Ketua KPU Tuban, Fathul Ikhsan mengatakan, penetapan pasangan terpilih ini dilakukan setelah rekap selesai dan tidak ada gugatan. Karena Tuban tidak masuk daerah yang kena gugatan, maka harus menetapkan paling lambat lima hari.

“Penetapan pemenang dilakukan KPU setelah Mahkamah Konstitusi (MK) menerbitkan Buku Register Perkara Konstitusi (BRPK) atau bukti formal tidak ada sengketa hasil Pilkada,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, sesuai aturan KPU mempunyai waktu 5 hari setelah surat BRPK terbit untuk mengadakan rapat pleno terbuka penetapan paslon Pilkada Tuban tahun 2020. Setelah itu, KPU mempunyai waktu sehari untuk mengajukan usulan pelantikan ke DPRD yang diteruskan pada Kemendagri. Selanjutnya, DPRD akan mengajukan pelantikan Lindra- Riyadi pada Gubernur Jawa Timur.

“Nanti Gubernur yang akan mengusulkan ke Kemendagri untuk dilakukan pelantikan,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati terpilih Aditya Halindra Faridzky setelah proses penetapan mengatakan, setelah ini pihaknya akan berkomunikasi dengan parpol-parpol dan komunikasi dengan dinas-dinas. Komunikasi itu terkait mensinkronkan program- program pasangan nomor urut dua.

“Jadi dalam jangka lima bulan ini insyaallah kami akan intens komunikasi dengan Dinas- Dinas,” ucapnya.

Saat disinggung terkait skala prioritas, pihaknya memprioritaskan tentang masalah infrastruktur. Kedua, karena di kondisi pandemi covid-19 ini pihaknya juga untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Berdasarkan pleno rekapitulasi perhitungan suara yang ditetapkan KPU di 20 kecamatan, paslon nomor 1 Khozanah Hidayati-Muhammad Anwar mendapat 170.955 suara (24,2 persen), paslon nomor 2 Aditya Halindra Faridzki-Riyadi mendapat 423.236 suara (60 persen), sedangkan nomor 3 Setiajit-Armaya Mangkunegara mendapat 110.998 suara (15,8 persen).(Sal/And/Red)


Like it? Share with your friends!

88

What's Your Reaction?

hate hate
1000
hate
confused confused
600
confused
fail fail
300
fail
fun fun
200
fun
geeky geeky
100
geeky
love love
800
love
lol lol
900
lol
omg omg
600
omg
win win
300
win
Suara Data Network
assalamualaikum

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *