Diundang Unirow, Menteri Nadiem Minta Mahasiswa Manfaatkan Program MBKM


76

Reporter: Nursalam

TUBAN, SUARADATA.com-Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengajak seluruh mahasiswa dapat berpartisipasi dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Hal tersebut diungkapkan saat memberikan sambutan secara virtual dalam pembukaan Pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban Tahun 2021.

“Saya pesan kepada Mahasiswa supaya dapat memanfaatkan masa kuliah guna mengenal dirinya dalam membangun jembatan untuk meraih mimpi dan berkontribusi untuk Negeri. Saya percaya kemerdekaan adalah nafas pemuda, nafas mahasiswa para generasi penerus bangsa,” tuturnya, Rabu (15/9/2021).

Diketahui, PKKMB ini Unirow ini diikuti 536 Mahasiswa baru dari 16 Program Studi di 5 Fakultas. Kegiatan itu dimulai pada 15 hingga 18 September. Pembukaan PKKMB dilaksanakan secara daring dan secara luring yang berpusat di Kampus Unirow Tuban.

“Tujuan dari adanya PKKMB ini adalah untuk memberikan bekal kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus dan sistem Pendidikan di perguruan tinggi untuk merancang generasi unggul, lincah dan Tangguh,” kata Wakil Rektor III Unirow Tuban Suantoko, yang sekaligus Ketua Panitia PKKMB.

Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa pelaksanaan PKKMB tahun ini ada yang berbeda dengan sebelumnya. Tahun ini PKKMB Unirow dimeriahkan dengan berbagai Event. Mulai dari Lomba Instagram Reels sampai dengan Gerakan Upload Flayer PKKMB.

Selain itu, yang tidak kalah penting adalah adanya sambutan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud ristek) Nadiem Makarim dan hadirnya Guru Besar dari Universitas Brawijaya Prof. Dr. Marjono, M.Phil.

“Kita akan membuat PKKMB ini menjadi kegiatan yang menarik tanpa mengurangi tujuan utama, yaitu dengan adanya event dan hadirnya para tokoh” terangnya.

Sementara itu, Rektor Unirow Tuban Prof. Dr. Supiana Dian Nurtjahyani, M.Kes, menambahkan, PKKMB merupakan kewajiban bagi pimpinan perguruan tinggi. Terlebih, untuk mengenalkan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru sebelum melaksanakan dan menempuh studi di perguruan tinggi ini.

“Diharapkan dengan adanya PKKMB ini, mahasiswa bisa segera beradaptasi untuk belajar di perguruan tinggi. Karena adaptasi merupakan hal penting bagaimana mahasiswa bisa berproses untuk menyiapkan diri dalam menempuh studi ditingkat sarjana,” harapnya.

Rektor Perempuan yang telah membawa Unirow menjadi Kampus terbaik di Karisidenan Bojonegoro ini juga menyampaikan, yang tidak kalah penting adalah PKKMB selain mengenalkan kehidupan kampus juga menanamkan Gerakan Nasional Revolusi Mental dengan Indonesia Melayani, Indonesia Bersih, Indonesia Tertib, Indonesia mandiri dan Indonesia Bersatu.

“Sehingga sangatlah tepat tema PKKMB Tahun ini Mewujudkan Mahasiswa Yang Adaptif, Inovatif, Kreatif, Dan Kolaboratif Menuju Indonesia Tangguh Melalui Pkkmb Unirow 2021,” pungkasnya.(Sal/Red)


Like it? Share with your friends!

76

What's Your Reaction?

hate hate
100
hate
confused confused
700
confused
fail fail
400
fail
fun fun
300
fun
geeky geeky
200
geeky
love love
900
love
lol lol
1000
lol
omg omg
700
omg
win win
400
win
Suara Data Network
assalamualaikum

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *