Baznas Kota Malang Dorong Bentu UPZ Baru


46
Pelaksanaan Bimtek UPZ terhadap 100 takmir masjid di Kota Malang digelar di Hotel Grand Palace Malang. Foto: Ist.

MALANG, SUARADATA.com-Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Malang menggelar pembekalan dan penguatan kelembagaan serta pembinaan kepada 100 masjid yang memiliki Unit Pengumpul Zakat (UPZ).

Acara tersebut dikemas secara bimbingan teknik bertempat di Hotel Grand Palace Malang beberapa jam yang lalu.

Ketua Baznas Kota Malang, Sulaiman menjelaskan, bimtek terhadap UPZ berbasis masjid sebanyak 100 masjid di Kota Malang. Tujuannya, mengajak sekaligus menumbuhkan kesadaran serta kepedulian baik lingkungan swasta maupun ASN terhadap perekonomian di sekitarnya.

Hal itu guna mendukung sekaligus mendorong perekonomian di Kota Malang. Lebih bagus lagi melalui penguatan dan pembentukan UPZ menyebar dimana pun berada.

Point positif penting bisa diambil adalah membantu meringankan beban kaum dhuafa sekaligus mengangkat harkat dan martabat sisi kemanusiaannya.

“Disisi lain, berkaitan erat dengan urusan akhirat nantinya (pahala). Sedangkan, urusan duniawinya mengurangi angka kemiskinan, meminimalisir keterpurukan nilai ekonomi, membangkitkan nilai semangat hidupnya. Utamanya, mempererat persaudaraan dan persatuan serta kesatuan bangsa,” jelas Sulaiman.

Untuk itu, kesadaran dan kepedulian serta kebersamaan membangun perekonomian melalui UPZ yang bernaung di bawah Baznas. Pastinya menjadi impian bersama, mewujudkan perekonomian kuat dan maju serta penekanan angka kemiskinan sekecil mungkin.

Memang saat ini masih membentuk UPZ berbasis masjid dan musholla sebanyak 125 mitra kerja sudah memiliki surat keputusan (SK) dari Baznas. Dengan adanya bimtek ini, harapan UPZ yang selama bersifat pasif bisa berubah lebih aktif lagi.

“Dan pembentukannya lebih banyak serta tersebar merata di seluruh Kota Malang, baik lingkungan swasta maupun pemerintah. Satu misal, di lingkungan SKPD, perbankan, BUMN/BUMD, kampus, atau lembaga lainnya,” bebernya.

Guna membekali pengurus UPZ berbasis masjid yang hadir saat ini sebanyak 95 takmir masjid. Baznas Kota Malang menghadirkan pemateri dari pengurus Baznas pusat Jakarta serta pihak berkompeten lainnya,” pungkasnya.(Afd/And/Red)


Like it? Share with your friends!

46

What's Your Reaction?

hate hate
100
hate
confused confused
700
confused
fail fail
400
fail
fun fun
300
fun
geeky geeky
200
geeky
love love
900
love
lol lol
1000
lol
omg omg
700
omg
win win
400
win
Suara Data Network
assalamualaikum

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *