Momen Idul Fitri, 168 WBP Lapas Tuban Dapat Remisi Khusus


62

Reporter: Royvi Novriansyah

TUBAN, SUARADATA.com-Bertepatan dengan perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah atau 2021 Masehi, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tuban memberikan Remisi Khusus Hari Raya kepada sebanyak 168 orang warga binaan Pemasyarakatan, Kamis (13/5/2021).

Adapun remisi yang diberikan dalam rangka Hari Raya Idul Fitri, adalah pengurangan masa tahanan. Namun, remisi tersebut diberikan kepada narapidana dewasa dan anak yang memenuhi syarat ketentuan perundang-undangan.

Kepala Lapas Tuban Siswarno merincikan, seluruh penghuni lapas yang berjumlah 374 warga binaan beragama islam sebanyak 371 orang. Dari jumlah itu sebanyak 168 orang dari mereka mendapat remisi atau potongan masa tahanan. Masing-masing 1 bulan 15 hari sebanyak 7 orang, 1 bulan sebanyak 100 orang, dan 61 orang sisanya mendapatkan remisi sebanyak 15 hari.

“Remisi khusus diberikan agar warga binaan kami dapat mencapai proses penyadaran diri dan siap menjalani sisa dari masa pidana dengan pembinaan dari lapas,” ungkapnya.

Siswarno menjelaskan, remisi atau pengurangan masa pidana yang diberikan kepada narapidana yang memenuhi syarat. Terutama, yang telah ditentukan oleh perundang-undangan dan tidak tercatat dalam Register F atau buku catatan pelanggaran.

“Selama mereka memenuhi syarat, mengikuti pembinaan dan tidak ada pelanggaran kami proses pemberian remisi secara transparan dan cepat,” jelasnya.

Ditempat yang sama, YA (21) salah satu warga binaan mengaku merasa senang karena mendapatkan potongan masa hukuman.

“Bahagia sekali karena mendapatkan potongan, walau satu bulan namun sangat meringankan,” ujarnya.

Selanjutnya YA menyampaikan, remisi ini mengobati rasa sedih karena pada perayaan lebaran di masa pandemi Ini lapas Tuban meniadakan kunjungan sehingga warga binaan tidak bisa bertatap muka dengan sanak keluarga.

“Lapas Tuban memberi fasilitas video call untuk berkomunikasi dengan keluarga di rumah,” pungkasnya.(Roy/And/Red)


Like it? Share with your friends!

62

What's Your Reaction?

hate hate
800
hate
confused confused
400
confused
fail fail
100
fail
fun fun
1000
fun
geeky geeky
900
geeky
love love
600
love
lol lol
700
lol
omg omg
400
omg
win win
100
win
Suara Data Network
assalamualaikum

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.