Ramadan dan Idul Fitri di Tengah Pandemi, Ini Imbauan Bupati Tuban


71

Reporter: Nursalam

TUBAN, SUARADATA.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mengimbau kepada masyarakat dalam pelaksanaan ibadah bulan Suci Ramadan dan Idul Fitri 1442 H/2021 Masehi dengan memperhatikan kewaspadaan pandemi Covid-19.

Hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Bupati Nomor 451/2048/414.012/2021 tentang Pelaksanaan Bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H / 2021 M, tertanggal 12 April 2021.

“Sesuai SE masyarakat dihimbau untuk menyambut bulan Suci Ramadan dengan rasa optimis dan meningkatkan ibadah sunnah. Dan dalam pelaksanaannya harus memperhatikan protokol kesehatan,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, Budi Wiyana, Rabu (14/4/2021).

Lebih lanjut, dalam SE tersebut, menerangkan kegiatan sahur dan buka puasa dianjurkan untuk dilakukan di rumah masing-masing. Sedangkan, jika melakukan buka puasa bersama akan diperbolehkan dengan mematuhi pembatasan maksimal 50 persen dari kapasitas ruangan dan protokol kesehatan.

“Untuk ibadah sunnah seperti tarawih, tadarus, iktikaf, dan peringatan Nuzulul Qur’an dapat dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan,” tambahnya.

Disamping itu, agar tetap mematuhi protokol kesehatan, untuk jamaah harus dibatasi jumlah kehadirannya. Selain itu, membawa perlengkapan sholat sendiri, serta menjaga jarak shof minimal setengah meter. Kemudian, untuk imam sholat dalam membaca surat diharapkan membaca surat-surat pendek.

“Untuk pengajian ceramah, tausiyah, kultum Ramadhan, dan kuliah subuh paling lama 15 menit,” jelas sekda.

Selain itu, pengurus masjid dan musholla, diharuskan melakukan penyemprotan desinfektan secara berkala. Berikutnya, enyediakan tempat cuci tangan dan thermal gun. Serta intens mengingatkan jamaah untuk memakai masker dengan benar dan menjaga jarak aman.

“Dan untuk pengusaha restoran atau tempat makan yang buka siang hari harus memasang tabir dan meniadakan kegiatan hiburan musik. Jam operasional juga dibatasi sampai pukul 21.00 WIB. Pengusaha hotel, penginapan dan rumah kos juga diminta untuk ikut menjaga ketertiban di lingkungan masing-masing,” imbuhnya.

Sementara itu, Mengacu pada SE Bupati Tuban, Takbir Keliling ditiadakan dan cukup dilakukan di masjid atau musholla. Selanjutnya, sholat Idul Fitri dapat digelar di masjid atau lapangan terbuka dengan melaksanakan protokol kesehatan.

“Meski demikian, akan mempertimbangkan perkembangan penyebaran Covid-19 dan pengumuman Satgas Covid-19 Kabupaten Tuban,” pungkasnya.(Sal/And/Red)


Like it? Share with your friends!

71

What's Your Reaction?

hate hate
700
hate
confused confused
300
confused
fail fail
1000
fail
fun fun
900
fun
geeky geeky
800
geeky
love love
500
love
lol lol
600
lol
omg omg
300
omg
win win
1000
win
Suara Data Network
assalamualaikum

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *