Ramai-ramai Bersihkan Kali Gunting Semanding


50

Reporter : Royvi Novriansyah

TUBAN, SUARADATA.com-Memasuki musim penghujan, ratusan warga dari 23 lintas komunitas yang berasal dari Tuban dan Kediri bersama-sama menggelar kegiatan resik Kali Gunting sepanjang 650 meter untuk mengantisipasi banjir akibat sampah dan pendangkalan, Minggu (18/10/2020).

Kegiatan pembersihan aliran sungai Gunting yang melintasi wilayah Desa Bektiharjo, desa Prunggahan Wetan, Prunggahan Kulon hingga kelurahan Karang, Kecamatan Semanding oleh ratusan warga ini mengangkat endapan sampah plastik. Selain itu, mengangkat endapan lumpur hingga tanaman liar yang membuat sungai menjadi dangkal dan dapat mengakibatkan banjir.

Kepala Desa Prunggahan Wetan, Heri Winarko menjelaskan, kegiatan ini dilakukan dikarenakan sudah sangat banyaknya tumpukan sampah plastik, sampah rumah tangga serta tanaman liar di sepanjang bantaran sungai Gunting.

“Sebentar lagi musim penghujan, jadi untuk mencegah terjadi banjir maka sungai ini kita bersihkan,” ujar Heri.

Heri  menjelaskan, tentang adanya Peraturan Desa (Perdes) yang sudah dibuat. Tujuannya, agar ada kepastian hukum terkait kesadaran masyarakat tentang pembuangan sampah di aliran sungai dan sembarang tempat.

“Dengan adanya Perdes ini kami berharap agar masyarakat tahu kalau membuang sampah tersebut ada aturannya. Sehingga, tidak membuang di aliran sungai,” bebernya.

Lebih lanjut, Kades humanis ini menjelaskan, Perdes tersebut berkaitan dengan pelestarian lingkungan hidup, aturan pembuangan sampah, melindungi ekosistem flora dan fauna.

“Akan ada tindakan tegas dan sanksi kepada pemburu satwa agar jera,” tegas Heri.

Heri menambahkan, terkait denda terhadap pemburu yang menembak burung, menyetrum ikan dan meracuni sungai dengan potas akan di denda sebesar Rp. 1.000.000,-. Hukuman bisa meningkat apabila kedapatan mengulangi perbuatan tersebut.

“Dengan adanya kegiatan ini harapannya bisa menjadi edukasi kepada masyarakat agar berprilaku tertib membuang sampah pada tempatnya dan melindungi lingkungan dari kerusakan,” harapnya.

Hal senada juga diutarakan oleh Camat Semanding, Danarji ketika mengikuti kegiatan membersihkan sepanjang aliran sungai Gunting yang berada di wilayahnya ini.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memperlancar aliran arus sungai karena sudah banyak pendangkalan dan tumpukan sampah plastik,” terangnya.

Camat murah senyum ini menyampaikan, kegiatan ini untuk mengantisipasi datangnya musim penghujan. Harapannya, agar air tidak meluap. Sebab, aliran sungai Gunting ini melintasi beberapa desa padat penduduk di Kecamatan Semanding.

“Jangan sampai terjadi banjir gara-gara air sungai tersumbat karena banyak sampah yang menumpuk,” pungkasnya.(Roy/And/Red)¬†


Like it? Share with your friends!

50

What's Your Reaction?

hate hate
900
hate
confused confused
500
confused
fail fail
200
fail
fun fun
100
fun
geeky geeky
1000
geeky
love love
700
love
lol lol
800
lol
omg omg
500
omg
win win
200
win
Suara Data Network
assalamualaikum

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *