Wakili Kodam V Brawijaya, Kodim Tuban Ikut Lomba Binter Tingkat Nasional


77
Ketua Tim Penilai Lomba Binter Pusterad 2021 Kolonel Inf Pranito Dwinarwan didampingi Dandim 0811 Tuban, Letkol Inf Viliala Romadhon saat melakukan peninjauan langsung ke Desa Mandiri di Desa Beji, Kecamatan Jenu.

Reporter : Royvi Novriansyah

TUBAN, SUARADATA.com-Komando Distrik Militer (Kodim) 0811 Tuban terpilih mewakili seluruh Kodim di jajaran Kodam V Brawijaya untuk mengikuti lomba Pembinaan Teritorial (Binter) tingkat nasional tahun 2021, yang digelar oleh Markas Besar Angkatan Darat (Mabes AD).

Ketua Tim Penilai Lomba Binter Pusterad 2021 Kolonel Inf Pranito Dwinarwan menjelaskan, proses penilaian lomba Pembinaan Teritorial (Binter) oleh tim penilai dari Pusat Teritorial TNI-AD (Pusterad). Tim menilai peserta yang dipersiapkan oleh Kodim 0811 Tuban untuk mewakili Kodam V Brawijaya dengan beberapa kriteria dalam waktu 2 hari sejak Senin tanggal 13 hingga Selasa 14 September 2021.

“Penilaian Lomba Binter ini dilakukan dengan beberapa tahap. Mulai dari pemaparan yang dilakukan oleh Komadan Kodim (Dandim), pengecekan hasil Binter yang dilakukan oleh jajaran Koramil, hingga proses pengecekan evaluasi administrasi,” katanya saat dikonfirmasi awak media, Selasa (14/9/2021).

Setelah melakukan peninjauan langsung ke Desa Mandiri yang berada di Desa Beji, Kecamatan Jenu. Ternyata sudah mampu memberdayakan aset yang ada di daerahnya untuk dikelola bersama. Kolonel Inf Pranito Dwinarwan lantas memberikan apresiasi perihal sinergitas dengan Forkopimda khususnya di wilayah Tuban,

“Dalam hal adanya Desa Mandiri membutuhkan proses dari seluruh kalangan masyarakat dalam membangunnya mulai Desa Tertinggal, Berkembang hingga menjadi Desa Mandiri,” ucap Ketua Tim Penilai itu.

Dandim 0811 Tuban, Letkol Inf Viliala Romadhon, S.E, M.I.Pol mengatakan, kegiatan lomba Binter ini dilaksanakan dalam dua tahun sekali, yang mana Kodim 0811 Tuban terverifikasi mewakili jajaran Kodam V Brawijaya yang ada di Jawa Timur untuk mengikuti seleksi dalam kegiatan tersebut.

“Ini sebagai wujud bentuk kerja sama antara Forum Komunikasi Daerah (Forkopimda) yang berada di wilayah kerja Kodim 0811 Tuban untuk memanfaatkan apa saja yang ada di lingkungan tingkat Koramil, hingga peran para Babinsa di wilayahnya masing-masing,” tuturnya.

Lebih lanjut Dandim menjelaskan, peran para Babinsa akan mengajak warga masyarakat untuk meningkatkan perekonomian di wilayahnya, guna memanfaatkan lahan-lahan tidur dengan menanam sayur-sayuran maupun yang lain. Sebagai salah satu bentuk perhatian tersebut maka semua pemanfaatan tersebut dipamerkan pada kegiatan lomba Binter ini. Dari mulai pemberdayaan yang sudah dibuat tiap Koramil jajaran Kodim 0811 Tuban.

“Sebagai contoh diantaranya, salah satu produk unggulan Koramil 0811/15 Jenu berupa budidaya kambing, ikan lele, menanam sayuran hidroponik yang memanfaatkan kotoran hewan sebagai hara penyubur tanaman dan pengairan secara akuaponik dari air kolam lele, dan juga proses pembuatan ikan asin,” ungkapnya.

Selanjutnya pria kelahiran Probolinggo ini memaparkan, untuk produk unggulan Koramil 0811/13 Tambakboyo, yakni diantaranya memanfaatkan sampah melalui Tungku Pemusnahan Sampah, produk unggulan Koramil 0811/16 Singgahan memanfaatkan, reboisasi skala besar lahan gundul, Koramil 01 Kota memberdayakan kerajinan batik khas Tuban, Koramil 02 Palang budidaya penggemukan Kambing domba, Koramil 03 Semanding budidaya penggemukan sapi, Koramil 04 Merakurak pembibitan cabe dan pepaya.

Kemudian, untuk produk unggulan Koramil 05 Rengel budidaya ikan lele, Koramil 06 Plumpang pembibitan cabe dan pembuatan pupuk, Koramil 07 Soko pembuatan sangkar burung, Koramil 08 Widang budidaya ikan lele, Koramil 09 Jatirogo memberdayakan pengolahan keripik singkong, Koramil 10 Bangilan memberdayakan produksi tahu tempe, Koramil 11 Kenduruan budidaya ikan lele, Koramil 12 Bancar budidaya ikan kerapu, Koramil 14 Kerek budidaya kambing etawa, Koramil 17 Senori budidaya melon, Koramil 18 Parengan budidaya melon, Koramil 19 Montong budidaya ayam petelur dan Koramil 20 Grabagan budidaya jamur.

Kemudian, ada juga produk unggulan dari Koramil persit KCK cabang XXVI Kodim 0811 yang membuat kerajinan tangan berupa lampion, karangan bunga, sambal roa, jamu kunyit asem, jus jambu, kue pastel, pot bunga dari serabut kelapa dan boneka kain.

“Semua produk unggulan pada masing-masing Koramil di atas kita tampilkan pada lomba Binter di tahun ini,” ucap Dandim.

Pria lulusan Akademi Militer 2001 ini berharap, semoga dalam perlombaan ini bisa mendapatkan nilai terbaik setelah dinilai langsung oleh tim lomba Binter dari Mabes AD di Kodim.

“Kita berharap semoga saja Kodim 0811 Tuban mendapatkan nilai terbaik untuk menjuarai lomba Binter tingkat nasional ini,” pungkasnya.(Roy/And/Red)


Like it? Share with your friends!

77

What's Your Reaction?

hate hate
800
hate
confused confused
400
confused
fail fail
100
fail
fun fun
1000
fun
geeky geeky
900
geeky
love love
600
love
lol lol
700
lol
omg omg
400
omg
win win
100
win
Suara Data Network
assalamualaikum

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *