Tekan Penyalahgunaan Narkotika, PT SIG Pabrik Tuban Lakukan Sosialisasi P4GN


81
Kegiatan sosialisasi P4GN dari SIG Pabrik Tuban bersama dengan BNNK Tuban yang berlangsung di Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban.

Reporter: Nursalam

TUBAN, SUARADATA.com- Sebagai upaya pencegahan penyalahgunaan dan peredaran Narkoba di wilayah Kabupaten Tuban, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Pabrik Tuban melakukan kegiatan sosialisasi kepada perwakilan warga masyarakat ring satu yang ada di Kecamatan Jenu, Kamis (14/10/2021).

Dengan menggandeng Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tuban. Kegiatan sosialisasi yang digelar di kantor Kecamatan Jenu, diikuti perwakilan dari kepala Desa, Bappeda, karang taruna, serta tokoh masyarakat setempat.

Selain di Kecamatan Jenu, kegiatan sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), juga di lakukan di Kecamatan Merakurak dan Kecamatan Kerek. Sebelum melakukan sosialisasi kepada warga, PT SIG juga telah melaksanakan kegiatan di internal pegawai yang ada di lingkungan pabrik.

Senior Manager of Public Relation & CSR Semen Indonesia Pabrik Tuban, Setiawan Prasetyo mengatakan, kegiatan ini sesuai intruksi Presiden Joko Widodo kepada Menteri BUMN, bahwa perusahaan BUMN wajib ikut serta dalam mencegah penyalahgunaan dampak buruk narkotika.

“Kegiatan P4GN ini merupakan program lanjutan dari Rencana Aksi Nasional. Sebagai BUMN, SIG ikut serta dalam mendukung pencegahan penyalahgunaan dampak buruk narkotika, khususnya kepada warga sekitar perusahaan,” ungkapnya.

Dalam hal ini pihaknya berharap, kepada puluhan peserta dari perwakilan desa yang ada di Kecamatan Jenu agar bisa mengikuti kegiatan sosialisasi dengan sungguh. Sehingga, setelah kegiatan tersebut para peserta diharapkan bisa untuk menjadi duta Anti Narkoba di wilayah desa masing-masing dan membantu mensosialisasikan kepada warga.

“Setelah mengikuti sosialisasi ini kita harapkan para peserta menjadi duta anti narkoba di desanya masing-masing. Dan ini adalah sosialisasi yang baik kalau selama ini hanya mendengar narkoba atau narkotika tuh apa sekarang bisa mendengar sendiri dari kepala BNN,” tambahnya.

Ditempat yang sama, Kepala BNNK Tuban, AKBP I Made Arjana menjelaskan, pemahaman tentang penyalahgunaan dan dampak buruk narkotika ini sangat penting. Sebab, Kabupaten Tuban ke depan akan menjadi kota industri .

“Secara umum, kita berikan edukasi dan pemahaman supaya pemuda, tokoh masyarakat dan semua elemen yang hadir dalam memahami pentingnya dampak buruk narkoba ini, sehingga kita semua harus menjauhi dan memerangi peredaran narkotika,” terangnya.

Dalam hal ini pihaknya menghimbau kepada masyarakat, apabila di sekitar lingkungan terdapat orang dengan ciri-ciri menyalahgunakan atau pecandu narkotika, segera dilaporkan ke BNN dan orang tersebut tidak akan dikenai hukuman, melainkan hanya direhabilitasi sesuai amanah Undang-Undang.

“Permasalahan narkotika saat ini membutuhkan penanganan dan UU khusus yang spesifik dan memberi efek jera. Ingat, jangan coba-coba,” tandasnya.

Sementara itu, Camat Jenu, Moh Maftuchin Riza mengucapkan terimakasih kepada perusahaan dan BNNK Tuban yang telah melaksanakan kegiatan ini. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang ditunggu -tunggu, mengingat Kecamatan Jenuh notabennya Kecamatan Industri, pasti banyak para pendatang.

“Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan di Kecamatan Jenu bersih dari peredaran narkotika. Dan kedepannya tidak hanya sosialisasi, akan tetapi ada penindakan dan juga ada edukasi yang lainnya, dan tidak berhenti sampai di sini,” pungkasnya.(Sal/Ru/Red)


Like it? Share with your friends!

81

What's Your Reaction?

hate hate
500
hate
confused confused
100
confused
fail fail
800
fail
fun fun
700
fun
geeky geeky
600
geeky
love love
300
love
lol lol
400
lol
omg omg
100
omg
win win
800
win
Suara Data Network
assalamualaikum

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *