Sambil Nunggu Antrian Panjang, Begini Curhatan Peserta Vaksinasi Massal


76
Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky saat meninjau pelaksanaan vaksinasi massal.

Reporter: Royvi Novriansyah

TUBAN, SUARADATA.com-Vaksinasi massal yang diselenggarakan oleh Polres Tuban dalam rangka memperingati hari Bhayangkara ke-75 dan digelar di Gedung Olah Raga (GOR) Rangga Jaya Anoraga dipenuhi antusias warga, Sabtu (26/6/2021).

Pantauan di lapangan, antusiasme masyarakat untuk mengikuti vaksinasi massal ini sangat tinggi. Sejak pukul 06.00 WIB ribuan orang mendatangi Gedung Olahraga serta mengantri di tempat duduk yang telah disediakan oleh panitia. Mereka menunggu giliran mendapatkan suntikan vaksin dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Tak hanya itu, vaksinasi massal juga dihadiri Bupati Lindra, Ketua DPRD dan Dandim 0811, Kadinkes juga Kapolres Tuban beserta para jajarannya. Selanjutnya, mereka terlihat berkeliling memantau peserta yang terlebih dahulu dilakukan skrining. Tujuannya, untuk memastikan yang bersangkutan layak dilakukan vaksinasi.

Disisi lain kedatangan orang nomor 1 di Kabupaten Tuban itu ternyata tidak disia-siakan oleh masyarakat. Banyak keluhan dan curhatan yang disampaikan ke Bupati Lindra.

Elma (20) salah satu warga asal Kularahan Kutorejo, Kecamatan Tuban Elma mengaku, mendapatkan informasi vaksin gratis dari jaringan komunikasi (jarkom) media sosial. Pihaknya sangat mendukung kegiatan tersebut sebab merasa hal ini menjadi salah satu syarat agar lebih aman dari pandemi covid-19.

“Alhamdulillah tidak ada gejala pasca divaksin, cuma tadi bekas suntikan agak sakit, tapi setelah saya tunggu 10 menit ternyata tidak apa-apa,” ujarnya.

Hal senada juga diucapkan oleh seorang mahasiswi, Putri Iyasa (19) yang saat itu datang bersama orang tuanya mengatakan senang bisa mendapatkan vaksin secara gratis agar terhindar dari terpapar virus Covid-19.

“Saya diajak oleh orang tua, sekeluarga di vaksin semua agar terjaga dari corona,” ucapnya.

Mahasiswi semester dua di salah satu perguruan tinggi di Tuban ini berharap, agar pandemi segera berlalu dan kembali menjalani kehidupan normal. Sehingga, bisa kembali menempuh pendidikan dengan bertatap muka.

“Sekolah-sekolah, dan perguruan tinggi mohon segera dibuka agar kami bisa bersekolah dan bertatap muka lagi, ga suka belajar secara on line. Dan tadi keluhan ini juga kami sampaikan pada mas bupati,” sebutnya.

Saat ditemui di lokasi, Kapolres Tuban AKBP Darman menjelaskan, kegiatan tersebut sesuai dengan harapan pemerintah agar 1 Juli sudah bisa terpenuhi program vaksinasi 1 juta dosis setiap hari di Indonesia. Kabupaten Tuban sudah disepakati dengan Forkompimda sejumlah minimal 10 ribu dosis per-hari. Jika target terpenuhi, maka kurang lebih 3 bulan kedepan masyarakat di Kabupaten Tuban yang usianya diatas 18 tahun bisa tervaksinasi semua untuk dosis tahap pertama.

“Diharapkan pada akhir tahun nanti masyarakat sudah tervaksin semua baik dosis pertama dan kedua,” terang perwira polisi kelahiran Demak itu.

Lebih lanjut alumni Akpol 2000 ini mengatakan, Polres Tuban menargetkan 3.000 dosis vaksin. Kemudian, terus memberikan edukasi kepada masyarakat secara terpadu.

“Ya tujuannya agar lebih sadar penerapan protokol kesehatan.

Ditempat yang sama, Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky saat meninjau pelaksanaan vaksinasi massal tersebut mengatakan, mendukung kegiatan yang ada di masyarakat. Tetapi mewajibkan tetap menggunakan protokol kesehatan dan berkoordinasi terlebih dahulu dengan pemerintah serta pihak keamanan terkait.

“Akan di dalami terlebih dahulu untuk melakukan kegiatan itu apakah bisa dilakukan atau tidak bisa dilakukan,” paparnya.

Sedangkan mengenai pendidikan, politisi muda Partai Golkar yang akrab disapa Mas Bupati itu menjelaskan, akan mengkaji ulang kegiatan belajar mengajar di sekolah dan kegiatan pemerintahan. Kebijakan-kebijakan yang bisa masuk berapa persen dan sebaliknya.

“ini adalah langkah yang sangat tepat untuk menjaga kekebalan masyarakat, semoga antusiasme ini di seluruh Kabupaten Tuban bisa lebih kita tingkatkan,” pungkasnya.(Roy/And/Red)


Like it? Share with your friends!

76

What's Your Reaction?

hate hate
700
hate
confused confused
300
confused
fail fail
1000
fail
fun fun
900
fun
geeky geeky
800
geeky
love love
500
love
lol lol
600
lol
omg omg
300
omg
win win
1000
win
Suara Data Network
assalamualaikum

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *