Vaksinasi Covid-19 Door To Door Digeber Di Kabupaten Tuban


63
Petugas saat melaksanakan vaksinasi Door to door.

Reporter: Nursalam

TUBAN, SUARADATA.com- Tim gabungan penanganan Covid-19 di Kabupaten Tuban menggalakkan vaksinasi door to door untuk para lansia. Seperti yang dilakukan oleh
tim gabungan di wilayah Kecamatan Jatirogo, Sabtu (20/11/2021).

Para petugas kesehatan Puskesmas setempat dengan di dampingi para Babinsa dan Bhabinkamtibmas melakukan vaksinasi secara door to door di rumah warga di Wilayah Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban.

Babinsa Koramil 0811/09 Jatirogo Kodim 0811 Tuban, Serma Gunawan Hariyadi mengatakan, pelaksanaan vaksinasi secara door to door ini mendapat sambutan baik dari masyarakat setempat karena dilaksanakan dari rumah ke rumah atau door to door.

“AntusiasmemMasyarakat dalam pelaksanaan vaksinasi ini patut di apresiasi dan menjadi contoh agar masyarakat tidak takut lagi untuk divaksin serta memudahkan lansia untuk mendapatkan vaksin karena kendala umur dan fisik yang sudah tua,” ujarnya.

Meski vaksinasi sudah berjalan, namun ia bersama instansi terkait lainnya tetap menggencarkan adanya sosialiasasi protokol kesehatan yang harus dipatuhi oleh masyarakat. Pihaknya menilai, vaksin bukan suatu jaminan jika seseorang bisa terbebas dari serangan pandemi Covid-19.

“Prokes 5M juga tak kalah penting, seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak aman. Tidak boleh serta-merta protokol kesehatan tetap dipatuhi. Vaksin hanya sebagai penguat imun tubuh,” jelasnya.

Mbah Dasrun (72) salah satu lansia mengaku sangat senang dan terharu bisa melaksanakan vaksinasi pertama yang diselenggarakan oleh Babinsa bersama instansi terkait.

“Terima kasih Pak Babinsa saya sudah bisa divaksin dan didatangi di rumah,’’ ucapnya.

Sementara itu, Dandim 0811 Tuban Letkol Inf Viliala Romadhon mengatakan, hingga saat ini pelaksanaan vaksinasi door to door khususnya para lansia baru mencapai 17,66 persen.

“Kalau target lansia masih jauh, yang harusnya kita bisa mencapai 40 persen. Itu kita baru tercapai 17,66 persen begitu juga yang masyarakat umum saat ini capaiaannya masih sekitar 41 persen,” ungkapnya saat memberikan pengerahan pasukan di jajaran Kodim 0811 Tuban Bersama 50 prajurit BKO dari Yon Zipur 5 di Makodim setempat.

Lebih lanjut, ia mengatakan, penentuan indikator status level PPKM, dikatakan Dandim Tuban dilihat dari pencapaian vaksinasi. Khususnya dari pencapaian vaksinasi masyarakat umum dan lansia, Kabupaten Tuban masih dalam kategori Level III.

Dalam hal ini, pihaknya terus menghimbau kepada masyarakat masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan covid-19 seperti biasa. Selalu menggunakan masker saat beraktivitas diluar rumah, rajin mencuci tangan pakai sabun, upayakan tidak berkerumun dan menjaga jarak serta mengurangi mobilitas.

“Kami berharap warga masyarakat untuk segera divaksin dan bagi yang sudah divaksin tetap mematuhi protokol kesehatan,” pungkasnya.(Sal/Ru/Red)


Like it? Share with your friends!

63

What's Your Reaction?

hate hate
600
hate
confused confused
200
confused
fail fail
900
fail
fun fun
800
fun
geeky geeky
700
geeky
love love
400
love
lol lol
500
lol
omg omg
200
omg
win win
900
win
Suara Data Network
assalamualaikum

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *