TPPI Dukung Evakuasi 16 Nelayan yang Alami Laka Laut


57
Bus milik PT TPPI yang akan digunakan mengantar ABK ke Jawa Barat.

Reporter: Nursalam

TUBAN, SUARADATA.com- PT. Trans Pacific Petrochemical Indotama (PT TPPI) Tuban memberikan dukungan penuh dalam proses evakuasi 16 ABK korban kebakaran kapal nelayan KM Bintang Jaya Mandiri di perairan Laut Jawa, Bangka Belitung yang diselamatkan Kapal Master (MT) Queen Majesty dan dibawa Ke Tuban.

Evakuasi yang bekerjasama dengan jajaran Polres Tuban, Kodim 0811, BPBD Tuban, Basarnas, Muspika Kecamatan Jenu, dan PT. Pertamina Terminal BBM Tuban. Tidak hanya menerjunkan team ERY (Emergency Responsible Team) melainkan juga mendukung secara penuh menggunakan sarana prasarana yang dimiliki, sehingga proses evakuasi dapat berjalan lancar.

“Kami mendukung secara penuh dalam evakuasi 16 korban kebakaran kapal nelayan KM Bintang Jaya Mandiri yang terbakar di perairan Laut Jawa, Bangka Belitung yang diselamatkan Kapal Master (MT) Queen Majesty,” kata PR & CSR Section Head PT. TPPI Taheran Sidik Prabowo, Jum’at (16/4/2021)

Lebih lanjut, Taheran yang mengawal dan berkoordinasi dengan berbagai pihak selama proses evakuasi dari awal hingga akhir menyampaikan, PT. TPPI dengan letak geografis di perairan Tanjung Awar-Awar memiliki lokasi yang tepat untuk proses evakuasi laka laut.

“Tidak hanya kali ini, tetapi sudah beberapa kali bahkan hampir setiap tahun terutama di awal hingga pertengahan tahun terdapat proses evakuasi korban laka laut maupun korban bencana yang lain,” tambahnya.

Selain itu, TPPI juga memiliki letak geografis dan sarana prasarana yang memadai. Mulai dari Construction Dock yang memiliki kelebihan kapal jenis apapun. Bahkan, bisa merapat ke bibir pantai dan konstruksinya mampu menahan berat beban sampai ratusan ton.

Sarana kapal tugboad untuk proses evakuasi korban dari tengah laut. Lalu team ERT yang terlatih menangani pencegahan, penanggulangan hingga evakuasi korban, alat transportasi darat (bus) untuk evakuasi korban selamat, ambulance, dokter, team medis hingga Klinik yang di kelola secara mandiri oleh perusahaan.

“Selain itu dalam kondisi Pandemi Covid-19 ini, PT. TPPI juga sudah memiliki peralatan screening GeNose sendiri. Sehingga pada saat proses evakuasi yang dilakukan tadi siang, seluruh awak kapal yang diselamatkan langsung dilakukan proses secreening menggunakan GeNose, dan Alhamdulillah dari 16 awak kapal tersebut semua keluar hasil Negatif,” pungkasnya.

Diketahui sebelumnya, selain mendukung penuh proses evakuasi. Dalam beberapa waktu lalu TPPI juga menyalurkan sembako untuk korban bencana banjir bandang di NTT bekerja sama dengan Kodim 0811 Tuban serta bantuan kebutuhan ibu dan bayi untuk korban bencana Badai Siklon Tropis yang menimpa warga NTT dan NTB bekerja sama dengan KUPP Brondong.(Sal/And/Red)


Like it? Share with your friends!

57

What's Your Reaction?

hate hate
600
hate
confused confused
200
confused
fail fail
900
fail
fun fun
800
fun
geeky geeky
700
geeky
love love
400
love
lol lol
500
lol
omg omg
200
omg
win win
900
win
Suara Data Network
assalamualaikum

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *